Mudahkan Transaksi di Masa Pandemi dengan Tarik Tunai Tanpa Kartu | Detik Sumsel
Pemprov

Mudahkan Transaksi di Masa Pandemi dengan Tarik Tunai Tanpa Kartu

Palembang, Detik Sumsel – Kemajuan teknologi perbankan juga diikuti dengan perbaikan layanan dengan semakin memudahkan nasabah bertransaksi kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas jam layanan dan lokasi.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan bank yakni tarik tunai tanpa kartu di ATM. Layanan ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu namun di masa pandemi ini keberadaan semakin populer karena nasabah lebih gemar bertransaksi secara daring.

Selain itu tarik tunai tanpa ATM juga memudahkan transaksi dilakukan di tempat terpencil yang belum dijangkau layanan ATM karena tarik tunai ini bisa memanfaatkan jasa minimarket.

Salah satu bank yang menyediakan layanan tarik tunai tanpa ATM yakni Bank Syariah Indonesia (BSI). Kemudahan tarik tunai tanpa ATM ini bisa dilakukan nasabah di semua ATM BSI eks (BSM) dan Indomaret dengan limit tarik tunai Rp 500 ribu.

Area Manager BSI Palembang Lutfi Bukhari mengatakan, sebenarnya layanan tarik tunai tanpa ATM sudah ada sejak 2019-2020 lalu atau sebelum bank syariah itu dimerger jadi satu.

“Ini salah satu layanan yang diberikan BSI untuk memudahkan nasabah bertransaksi di mana saja tanpa harus ke ATM dan memiliki ATM,” katanya, Rabu (28/07).

Ditambahkanya, kemudahan ini diberikan karena nasabah cukup melakukan transaksi dari mobile banking saja dengan memilih menu tarik tunai dan memilih jenis tarik tunai dimana. Apakah di ATM atau di Indomaret.

Jika tarik tunai tanpa ATM dilakukan di ATM maka tidak akan kena biaya penanganan. Tapi jika dilakukan di Indomaret akan kena biaya administrasi Rp 5.000 setiap kali penarikan.

Untuk menjaga keamanan transaksi setiap kali akan login dan menentukan nominal uang yang akan ditarik maka harus mengisi password dan juga PIN mobile banking.

Jika tarik tunai dilakukan di ATM maka cukup melakukan transaksi seperti biasa yakni dengan memilih menu tarik tunai dan masukkan password juga PIN lalu pilih tarik tunai di ATM dan jumlah uang yang akan ditarik tunai, lalu pilih lanjut.

Lufthi menambahkan, Nanti aplikasi mobile banking akan mengkonfirmasi jumlah uang yang akan ditarik dan nomor telpon yang digunakan pada aplikasi mobile banking. Jika benar, pilih lanjutkan transaksi dan akan keluar notifikasi jumlah uang yang akan ditarik dan kode penarikan tunai yang akan diinput saat transaksi di ATM.

Hal yang saja juga harus dilakukan saat tarik tunai tanpa kartu di Indomaret dengan memilih jumlah uangnya. Kemudian sebutkan kode penarikan pada kasir yang bertugas.

Metode tarik tunainya juga hampir sama dengan bank lainnya yakni pilih tarik saldo dan pilih tarik tanpa kartu lalu pilih tarik tunai di ATM. dan langsung selanjutnya sama dengan bank lainnya dengan memilih jumlah uang lalu oke dan akan muncul kode penarikan tunai yang digunakan saat tarik tunai di ATM

Sementara itu Pengamat Ekonomi Universitas Sriwijaya Dr Sri Rahayu mengatakan layanan tarik tunai tanpa ATM sudah lama ada namun karena masa pandemi kembali digaungkan Bank dan menjadi salah satu layanan yang memudahkan nasabah bertransaksi kapan saja dan dimana saja tanpa harus ke bank.

Selain itu kemajuan teknologi juga memudahkan perbankan memberikan layanan yang lebih mudah dan murah pada nasabah.

“Nasabah untung karena praktis, bank juga untuk karena bisa menekan biaya operasional,” katanya. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Angin Segar Bagi Dealer, PPNBM Diperpanjang Hingga 31 Desember

Palembang, Detik Sumsel – Pemerintah kembali memperpanjang diskon pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *