Musim Kemarau, Petani Tunda Tanami Sawah | Detik Sumsel
Detik
Detik Sumsel/Rendi - Lahan petani di Pagaralam yang tidak ditanami karena musim kemarau.

Musim Kemarau, Petani Tunda Tanami Sawah

Pagaralam, Detik Sumsel – Memasuki musim kemarau, beberapa petani di Kota Pagaralam terpaksa menunda proses penanaman di areal persawahan dan perkebunan. Pasalnya, debit air untuk mengairi lahan milik mereka tersebut tergolong sedikit, bahkan sempat mengering.

Mbah Rusli (56), seorang petani di Dusun Siring Agung Kecamatan Pagaralam Utara mengatakan, kecilnya debit air tersebut dampak dari hampir satu pekan terakhir wilayah Pagaralam tidak diguyur hujan. Sehingga membuat petani yang ada menjadi kesulitan mengairi areal persawahan. Bahkan, sebagian besar petani yang ada terpaksa menunda proses tanam baik padi maupun sayuran.

“Jika dengan kondisi ini petani masih memaksakan untuk menanam, kemungkinan besar tidak akan berhasil, akibatnya mengalami kerugian,” ujarnya, Selasa (30/7).

Senada dituturkan Yando, warga Dusun Aur Duri Kecamatan Dempo Tengah, sejumlah warga Dusun Aur Duri hingga Karang Dalo mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk minum, cuci, dan mandi. Sementara sebagian besar keberadaan air di dalam sumur pun sejauh ini mulai mengering.

“Ya kondisi air sumur mulai mengeruh, sementara kebutuhan untuk minum, cuci dan mandi cukup banyak,” ujarnya seraya mengatakan untuk memenuhi semua itu sebagian warga terpaksa mengambil air bersih di Sungai Selangis dan Sungai Lematang.

Terpisah, Kepala Dinas PU dan Penataan Tata Ruang Kota Pagaralam, Haryadi Razak melalui Kepala UPTD PDAM, Haryanto tak menampik bila banyak warga mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Saat ini kita tengah berusaha melaksanakan pemasangan jaringan pipanisasi di sejumlah titik yang ada di Bumi Besemah ini. Kepada warga yang ada diharapkan agar dapat bersabar mengahadapi musim kemarau seperti sekarang ini,” pungkasnya. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Crew Kapal MV Charlotte Tewas Tengkurap Diatas Kapal di Perairan Tanjung Buyut

Palembang, Detik Sumsel — Seorang crew kapal MV Charlotte dilaporkan meninggal dunia diatas kapal diperairan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *