Mutasi ASN, Harus Melalui BKN Pusat | Detik Sumsel
Detik
Sekda Lahat, Januaryah Hambali SH, membuka sosialisasi mutasi aparatur sipil negara (ASN). Foto Heru/DS.

Mutasi ASN, Harus Melalui BKN Pusat

Lahat, Detik Sumsel – Sekda Lahat, Januaryah Hambali SH mengatakan, bagi ASN yang mau pindah alias mutasi, saat ini harus pikir panjang dahulu. Pasalnya proses motasi ASN kini tidak semuda seperti tahun lalu.

“Kalau dulu, mutasi itu gampang. Seperti saat saya pindah dari Empat Lawang ke Lahat, cukup persetujuan Bupati Lahat lalu diterima Gubernur Sumsel. Tapi saat ini harus melalui BKN Pusat,” kata Januarsyah, Senin (9/11).

Hal senada juga diucap Kepala BKPSDM Lahat, Aries Farhan. Menurutnya, terkait mutasi ASN ini memang ada perubahan syarat pengajuan, sesuai dengan Peraturan BKN No 05 Tahun 2019. Untuk itu pihaknya menggelar sosialisasi mutasi aparatur sipil negara, diikuti oleh seluruh OPD jajaran Pemkab Lahat.

“Harapannya adanya satu pemahaman terhadap aturan baru ini. Untuk itu kepada seluruh peserta sosialisasi, kiranya mengikuti kegiatan ini dengan serius,” tutur Aries Farhan.

Disisi lain, Kepala Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian, Kantor Regional VII BKN Palembang, Riswan S.Sos MM, selaku narasumber menjelaskan, mutasi terdiri atas mutasi dalam satu instansi pusat atau daerah, antar Kabupaten/Kota dalam satu provinsi, antar Kabupaten/Kota antar provinsi. Mutasi antar Provinsi/Kabupaten/Kota ke instansi pusat atau sebaliknya, mutasi antar instansi pusat dan mutasi ke perwakilan NKRI di Luar Negeri.

“Mutasi dilakukan atas dasar kesesuaian diatas, kesesuain kompetensi jabatan dan pola karier, dengan memperhatikan kebutuhan organisasi dan prinsip larangan konflik kepentingan,” jelas Riswan. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

BINDA Alokasikan Empat Ribu Vaksin di OKU

Baturaja, Detik Sumsel – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Selatan Kembali mengalokasikan vaksin covid …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *