Nakes Lahat Tunggu Pencairan Insentif | Detik Sumsel
Pemprov
Tenaga Kesehatan (Nakes) di Lahat, foto istimewa.

Nakes Lahat Tunggu Pencairan Insentif

Lahat, Detik Sumsel – Plt Kepada Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kirana Pritasari, dalam konferensi pers secara virtual, Senin (27/9) lalu membeberkan, Kemenkes telah menyalurkan insentif untuk 940 ribu tenaga kesehatan (nakes) yang menangani Covid-19.

Kondisi ini rupanya berbeda dengan yang dialami oleh nakes di Kabupaten Lahat. Pasalnya dari penelusuran media ini, insentif nakes di fasilitas pelayanan RSUD Lahat terhitung sejak April – September tahun ini belum ada informasi pencairan. Namun anggaran yang digulirkan dari APBN terakhir dicairkan hingga Maret 2021.

Direktur RSUD Lahat, dr Hj Erlinda MKes melalui Kepala Instalasi Hukum, Humas dan Informasi, Fery Agustiansyah mengatakan, tahun 2021 ini insentif nakes baru dicairkan Januari, Februari dan Maret untuk 50 nakes. Masing- masing menerima perbulannya yakni dokter spesialis Rp 15 juta, dokter umum Rp 10 juta , perawat dan bidan Rp 7,5 juta, serta nakes lainnya Rp 5 juta.

“Untuk tahun 2021 ini anggaranya dari APBN dan Bantuan Operasinal Kesehatan (BOK). Untuk totalnya kita tidak tau, karena pencairan melalui rekening RSUD lalu ditransfer di rekening masing masing nakes,” bebernya, Selasa (28/9) di ruang kerjanya.

Menurutnya, pencairan insentif sudah dilakukan sejak Februari -Desember 2020, ada 100 pegawai di RSUD Lahat menerima insentif nakes termasuk Satpam, Cleaning Service, ASN yang tergabung dalam Satgas Covid-19.

“Kita sudah mengusulkan insentif untuk nakes dilakukan sejak April 2021 lalu, namun tetap belum ada informasi pencairan. Dalam prosesnya kita tidak tau,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Taufik M Putra melalui KPA Insentif Covid-19 disampaikan PPTK Insentif Nakes, Mulawarman SKM mengatakan, insentif nakes pihaknya sudah dicairkan sampai bulan Juni 2021. Sedangkan, untuk bulan Juli, Agustus dan September baru akan diusulkan pada bulan Oktober 2021 nanti.

“Ya, karena pembayarannya insentif per triwulan. Selain itu sesuai dengan jumlah angka terkonfirmasi positif Covid-19 atau minimal 4 orang positif,” kata Mulawarman. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Menuju KNH 2021, Perhumas Usung Semangat Resiliensi dan Optimisme untuk Indonesia

Jakarta, Detik Sumsel- Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) menggelar kick-Off Menuju Konvensi Nasional Humas (KNH) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *