Nilai Kinerja Penyelenggara Pemilu Tidak Profesional | Detik Sumsel
Detik
Pemprov

Nilai Kinerja Penyelenggara Pemilu Tidak Profesional

Palembang, Detik Sumsel – Sebagai Organisasi Pemantau yang terdaftar di Badan Pengawasan Pemilu, Ketua Umum Badko HMI Sumbagsel sesalkan kinerja Penyelenggara Baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) provinsi Sumatera Selatan. Jumat (19/04)

Bambang Irawan mengatakan banyak sekali kejanggalan terjadi pada pemilu serentak 2019. “Dari H-1 sudah banyak sekali kejanggalan terjadi, hampir diseluruh Kabupaten/kota yang ada di Sumsel, pencabutan atau penertiban APK yang kurang tegas, disini kita amat sayangkan Bawaslu provinsi masih tebang pilih dengan hal itu” ungkap Bambang

Pada saat pelaksanaan pun, ia menilai manajemen KPU-Bawaslu Provinsi Sumsel masih carut marut dalam memperlancar proses pemilihan agar berjalan dengan perencanaan yang sudah di atur.

“Kami menilai KPU Provinsi Sumsel tidak memikirkan nasib Para KPPS dilapangan yang langsung berhadapan dengan berbagai tipikal seseorang yang kerja mereka amat tidak sesuai dengan honor mereka dan dari bilik suara sampai surat suara pun banyak sekali mengalami gangguan, baik yang sifatnya teknis waktu pengantaran maupun kesalahan cetakan bahkan salah distribusi surat suara yang seharusnya harus ada di dapil A ternyata surat suara dapil A di distribusikan ke tempat pemilihan dapil B, kejanggalan yang amat kita soroti kurangnya surat suara pemilihan presiden itu hampir rata terjadi di TPS kabupaten/kota di Sumsel, kami menduga ini ada permainan terselubung dilakukan ‘oknum’ tertentu, tidak mungkin hanya surat suara presiden yang kurang sedangkan yang lain ada sesuai kebutuhan disetiap TPS” jelas bambang.

Bambang Irawan menambahkan, bahkan keamanan para KPPS yang tidak terjamin sayang disayangkan sampai ada salah satu Ketua KPPS di Musi Rawas mengalami penusukan dan Banyak bukti – bukti yang mereka kumpulkan dan akan segera di serahkan ke KPU-Bawaslu Sumsel.

“Pastinya, kami akan terus memantau sekaligus merekam dan mendokumentasikan setiap kejadian-kejadian yang terjadi pada pemilu 2019 kali ini, nanti akan kami buatkan semacam laporan yang nantinya akan kami berikan ke pada KPU dan Bawaslu Provinsi Sumsel. Laporan itu sebuah potret dari Badko HMI Sumbagsel dalam menilai kinerja KPU-BAWASLU Provinsi Sumsel” Tegas Bambang (fir)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pipa Minyak Mentah Adera Bocor, Ini Penjelasan Pertamina

PALI, Detik Sumsel- Lagi-lagi pipa minyak mentah bocor milik Pertamina Hulu Rokan ( PHR) Regional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *