Operasi SAR Khusus Lebaran 2022, Personel Basarnas Fokuskan di Tol Palembang Lampung 

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel — Pemerintah lebaran Idul Fitri 1443 tahun 2022 ini membolehkan masyarakat untuk mudik lebaran. Untuk mendukung pelaksanaan angkutan lebaran dan mengantisipasi terjadi keadaan darurat.

Basarnas Palembang ikut melaksanakan Siaga SAR Khusus lebaran guna mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional dan bersinergi unsur Polri,

TNI, kementrian Perhubungan serta instasi terkait lainnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang Hery Marantika SH Msi mengatakan pasca pandemi covid 19 dua tahun berturut turut pemerintah tahun ini mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran setelah dua tahun tidak diizinkan. Tentunya terjadi peningkatan lalu lintas angkutan mudik serta manusianya juga meningkat.

“Dari sinilah Basarnas sudah memetakan apa apa yang harus kami lakukan dalam pelaksanaan operasi SAR Khusus lebaran tahun ini untuk memback up dari sisi safety atau sisi SAR and Rescue nya,”katanya kepada wartawan Kamis (28/4/2022).

Dikatakan Hery, pihaknya juga sudah menyiagakan 70 personel dan peralatan selama pelaksanaan Operasi SAR khusus lebaran tahun ini tentunya bergabung dengan unsur Polri, TNI serta posko lebaran unsur terkait lainnya.

“Untuk fokus operasi SAR khusus lebaran Basarnas Palembang memfokuskan satu regu personel yang siaga di aksel jalan Tol Palembang Lampung karena jalan Tol di Sumsel sudah mulai beroperasi penuh,”bebernya.

Selain itu, ada satu tim yang disiaga di Tol Indralaya Prabumulih. Ada satu tim personil yang siaga di pos Musi Rawas, satu tim di pos SAR OKU Timur, satu tim siaga di Pos SAR Pagaralam dan satu pos SAR lagi terpusat di Palembang.(oji)

Komentar