Optimistis Target Rp 1 Triliyun Pendanaan Terealisasi | Detik Sumsel
BNI"

Optimistis Target Rp 1 Triliyun Pendanaan Terealisasi

Palembang, Detiksumsel – Peer to peer lending Amarta bakal berkolaborasi dengan Bank Sumsel Babel (BSB) memberikan pendanaan modal usaha bagi ibu rumah tangga agar produktif dan bisa ikut menopang ekonomi keluarga.

Chief Commercial Officer di Amartha, Hadi Wenas mengatakan Amarta hadir sejak 2010 lalu dan 2016 fokus melakukan pembiayaan menyasar ibu rumah tangga dan sudah hadir dua tahun di Sumsel.

Saat ini Amarta hadir di Sumsel sejak dua tahun lalu dan sudah menjangkau 12 Kabupaten kota di Sumsel dan 500 desa dengan pembiayaan Rp 139 miliar hingga September 2021. Angka ini naik tiga kali lipat dari pembiayaan tahun 2020 sebesar Rp 54 juta.

Kabupaten kota di Sumsel tertinggi pencairan pembiayaan yakni Banyuasin, Palembang, OKU, Ogan Ilir, OKI dan lainnya. Khusus di Palembang pencairan pembiayaan terbesar yakni di Kalidoni, SU 1, IB dan lainnya.

“Fokus pembiayaan kita ibu tangga karena jika wanita ikut mencari nafkah maka akan lebih cepat mengangkat ekonomi keluarga dan jika ini terjadi maka pertumbuhan ekonomi Sumsel juga akan semakin baik,” katanya, Rabu (27/10)

Amarta memberikan pembiayaan dengan sistem online dan offline jadi bukan cuma online saja tapi juga disurvei langsung ke lokasi bagaimana prospek pembiayaan pada lokasi yang akan dibiayai.

Untuk mencegah agar nasabah peminjam mengembalikan pinjaman dibuatlah kelompok atau majelis dengan anggota minimal 10 orang yang saling kenal sehingga pembiayaan baru disetujui.

Pembiayaan pertama Rp 4 juta dengan tenor 1 tahun dan pengembalian setiap satu minggu sekali. Bagi peminjam yang terlambat bayar maka pembiayaan akan ditanggung renteng oleh anggota lainnya sehingga semua anggota akan terlibat menanggung utang.

“Sumsel ini track recordnya sangat bagus pengembalian 98 persen tepat waktu karena budayanya malu kalau punya hutang,” tambah Welas.

Amerta menggandeng BSB karena bank terbesar di Sumsel yang fokus membangun ekonomi Sumsel dan juga dananya besar sehingga ikut berkolaborasi membangun daerah hingga pelosok.

“Untuk palembang sampai akhir tahun 2021 target Rp 1bTriliyun dan kita optimis target akan tercapai karena sampai saat ini pencapaian kita sudah mencapai Rp 800 Miliar.

Direktur Pemasaran Bank Sumsel Babel Antonius Prabowo Argo mengatakan Bank Sumsel Babel tidak bisa menjangkau seluruh masyarakat hingga desa dan pelosok bahkan yang tidak memiliki listrik. Jika BSB membangun kantor di sana dibutuhkan biaya besar, oleh sebab itu lebih mudah membangun Sumsel dengan berkolaborasi salah satunya dengan Amarta.

Kerjasama ini ke depan akan segera diwujudkan awal November dan berharap segera terealisasi sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu.

“Kita dukung pembiayaan ultra mikro ke peer to peer lending dulu dan jika sudah besar bisa kita layani di bank,” kata Antonius.(May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Nikmati Pergantian Tahun Dengan Flavour Night Dinner Exvelton

Palembang, Detik Sumsel – Momen pergantian malam tahun baru menjadi salah satu malam yang spesial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *