Pacu Ekonomi Lewat Pasar Modal | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Kegiatan Sekolah Pasar Modal bagi dosen, mahasiswa di lingkungan Universitas Sriwijaya dan masyarakat umum yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Capital, Commodity and Financial Market literacy Training Series 2021.

Pacu Ekonomi Lewat Pasar Modal

Palembang, Detik Sumsel- Guna memberikan pemahaman mengenai Pasar Modal yang punya peran penting bagi perekonomian Indonesia maka Laboratorium Pasar Modal dan Komoditi Berjangka/Galeri Investasi BEI Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bursa Efek Sumsel mengadakan kegiatan Sekolah Pasar Modal bagi dosen, mahasiswa di lingkungan Universitas Sriwijaya dan masyarakat umum yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Capital, Commodity and Financial Market literacy Training Series 2021.

Wakil Dekan bidang Akademik Fakultas Ekonomi Unsiversitas Sriwijaya Dr. Azwardi mengatakan, penyebarluasan informasi, dan akses tentang Pasar Modal di Indonesia dinilai sangat berperan penting bagi perekonomian Indonesia. Manfaat pasar modal bagi negara yang pertama adalah sebagai salah satu sumber pendapatan negara dan meningkatkan perekonomian.

Selain manfaat bagi perusahaan yang go publik di pasar modal adalah untuk memenuhi modal dalam mengekspansi bisnisnya lebih luas lagi yang berdampak meningkatnya tenaga kerja yang dibutuhkan yang artinya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. “Manfaat lain adalah bisa menarik investor asing untuk berinvestasi di dalam negeri sehingga akan meningkatkan devisa negara,” ucap dia.

Tidak hanya itu, lanjut dia, manfaat Pasar Modal dari sisi pemodal atau masyarakat antara lain menambah alternatif berinvestasi tanpa modal yang besar dan meningkatnya aset kekayaan karena meningkatnya harga saham dan obligasi serta pendapatan dari deviden dan bunga.

Dipandang dari sisi ilmu pengetahuan tentunya kondisi diatas dapat menjadi kajian yang sangat menarik guna mengembangkan ilmu pengetahuan yang dapat membantu akademisi dalam hal menganalisis manfaat, dampak, dan konsep-konsep lainnya terkait pasar modal. “Dengan melihat besarnya manfaat pasar modal bagi perekonomian dan ilmu pengetahuan, maka kegiatan ini penting untuk digelar,” sebut dia.

Pada seminar tersebut pembicara berasal dari Ricky Panca (Kepala Sub Bagian Pengawas Pasar Modal dan IKNB OJK Kantor Regional 7 Sumbagsel), Hari Mulyono (Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Sumatera Selatan), Tri Rizky Brama Putra (Account Executive BRI Danarekasa Sekuritas Palembang) dan Dr. Rela Sari SE, M.Si, Ak.CA (Kaprodi Akuntansi Program D3 Fakultas Ekonomi Unsri)

Sebagai informasi peserta yang telah terdaftar mengikuti kegiatan ini sejumlah lebih dari 362 peserta yang terdiri dari Dosen Fakultas Ekonomi dan Civitas akademika Universitas Sriwijaya lainnya, Mahasiswa D3, S1, S2 dan S3 Jurusan Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan fakultas lainnya di Universita Sriwijaya dan umum. “Pelatihan ini diharapkan dapat membangun pemahaman bagi peserta terkait Pasar Modal agar dapat memanfaatkannya baik dalam berinvestasi, kajian keilmuan, dan dunia kerja,” pungkasnya. (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Lomba Kurasi UMKM Diperpanjang Sampai 20 Oktober 2021

[ Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan ] Halo, #UMKMSumsel 🙌🏻 LOMBA KURASI UMKM …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *