Pandemi, Berdampak Ke Stok Darah Di RSUD Besemah | Detik Sumsel
Pemprov
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam

Pandemi, Berdampak Ke Stok Darah Di RSUD Besemah

Pagaralam, Detik Sumsel – Semakin banyaknya warga Kota Pagaralam yang terpapar virus Covid-19, terus berdampak ke beberapa sektor bahkan tak hanya sektor ekonomi, bahkan untuk stok darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam saat ini semakin menipis.

Hal ini seperti dikatakan Direktur RSUD Besemah Kota Pagaralam Ferdinand, menipisnya stok darah tersebut imbas dari banyaknya pasien yang membutuhkan darah

“Untuk stok darah di masa pandemi ini agak sedikit terdampak, Tapi usaha kami terus menginformasikan bahwa berobat ke Rumah Sakit itu tidak apa-apa, jadi untuk pendonor tidak masalah bila ingin datang untuk mendonorkan darah,”katanya ,Senin (9/8)

Ia jua menyampaikan namun untuk menjaga ketersediaan stok darah di Rumah Sakit tetap ada, pihaknya berusaha menghubungi kelompok-kelompok pendonor darah yang sudah ada dan rutin melakukan donor darah secara sukarela.

“Kalau terjun langsung untuk melakukan aksi donor darah, biasanya kita bekerjasama dengan Organisasi Masyarakat (Ormas). Hanya saja sekarang ini pada saat kondisi pandemi kita tidak bisa mengumpulkan orang ramai-ramai untuk mengadakan aksi donor darah massal. Jadi kita hanya bisa mengimbau serta mengharapkan pendonor sukarela untuk datang ke Rumah Sakit mendonorkan darahnya,”jelasnya.

Begitu pula untuk pegawai Rumah Sakit sendiri, banyak yang secara rutin sebagai pendonor darah sukarela karena sudah secara rutin dan terjadwal.

“Inilah usaha yang kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Rumah Sakit,”terangnya.

Disinggung mengenai ketersediaan stok darah di Rumah Sakit sendiri, Ia pun mengakui kalau untuk posisi sekarang ini masih aman.

“Jadi, bila ada pasien yang datang ke Rumah Sakit dan yang bersangkutan membutuhkan darah, kita berusaha untuk memenuhi dengan ketersediaan stok darah yang ada,”punkasnya. (Raam)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Bupati OKI : Vaksinasi Bukan Orang Sakit Atau Tidak Sakit Tapi untuk Melindungi

OKI, Detik Sumsel- Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE didampingi Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *