Panen Padi Lebih Efektif Dengan Mesin Pemanen Padi | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Panen Padi Lebih Efektif Dengan Mesin Pemanen Padi 

Pati, Detik Sumsel – Pada umumnya, petani padi di identikkan dengan pertanian tradisional. Tetapi di beberapa tempat, petani padi mulai menggunakan teknologi modern. Salah satunya di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati dimana diwilayah tersebut saat ini sedang digelarnya kegiatan TMMD Reguler Ke 111 Kodim 0718/Pati yang saat ini sudah di penghujung pelaksanaan, Selasa (13/7/2021).

Sebagian petani di Desa Tamansari sudah menggunakan mesin untuk memanen padi. Selain karena memiliki lahan datar yang luas, mesin pemanen digunakan untuk mengefisienkan waktu panen dibandingkan dengan tenaga kerja manusia atau pemanenan tradisional.

Baca Juga :   Dengan Program TMMD Dongkrak Perekonomian Warga

Pranoto (31) operator mesin pemanen padi dari Desa Mantingan, yang saat ini mesin pemanen padinya akan di sewa oleh warga Desa Tamansari yang akan digunakan untuk memanen padi, mengatakan kebanyakan warga yang panen bersamaan mereka kemudian menghubunginya untuk menyewa mesin panen padi secara iuran.

“Saya melayani jasa memanen padi menggunakan mesin pemanen padi biasanya mencakup wilayah Kecamatan Jaken, tetapi sekarang banyak permintaan dari luar kecamatan tetap saya layani meskipun butuh akomodasi yang tidak sedikit,” ucapnya.

Baca Juga :   Ucap Syukur Dua Anak Yatim Mendapat Bantuan dari Dandim

Sementara itu Sertu Toha Untoro yang turut membantu menata tangga yg akan digunakan untuk menurunkan mesin pemanen padi atau combine harvester mengatakan bahwa panen menggunakan alat tersebut sudah banyak dijumpai didesa Tamansari.

“Saya sering melihat warga disini banyak memilih memanen padi menggunakan alat pemanen padi karena saat panen prosesnya sangat cepat dan tidak membutuhkan waktu lama dan gabah langsung masuk karung tanpa proses lain lagi,” pungkasnya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Percepatan Vaksinasi di Agustus Sampai 2 Juta Dosis Per Hari

Jakarta, Detik Sumsel- Pemerintah terus mendorong percepatan vaksinasi dengan target 1 juta penyuntikan dosis vaksin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *