Pangdam II/Sriwijaya : Prajurit Harus Miliki Tingkat Kesiapsiagaan yang Optimal | Detik Sumsel
Pemprov
Apel gelar pasukan ini diikuti sekitar 700 personel yang terdiri dari prajurit TNI AD dari Satuan Tempur maupun Satuan Kewilayahan jajaran Kodam II/Swj yakni, Yonif Raider 200/BN, Yonkav 5/DPC, Yonarmed 105 Tarik/Cailendra, Yonarhanud 12/SBP, Korem 045/Gapo dan Kodim 0418/PLG termasuk kendaraan taktis serta FKPPI, PPM dan HIPAKAD yang berada di wilayah Garnizun Palembang.

Pangdam II/Sriwijaya : Prajurit Harus Miliki Tingkat Kesiapsiagaan yang Optimal

Palembang, Detik Sumsel- Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka mengecek kesiapsiagaan prajurit di Lapangan Benteng Kuto Besak (BKB) Kota Palembang, Senin (31/1/2022) pukul. 09.00 WIB.

Apel gelar pasukan ini diikuti sekitar 700 personel yang terdiri dari prajurit TNI AD dari Satuan Tempur maupun Satuan Kewilayahan jajaran Kodam II/Swj yakni, Yonif Raider 200/BN, Yonkav 5/DPC, Yonarmed 105 Tarik/Cailendra, Yonarhanud 12/SBP, Korem 045/Gapo dan Kodim 0418/PLG termasuk kendaraan taktis serta FKPPI, PPM dan HIPAKAD yang berada di wilayah Garnizun Palembang.

Dalam amanatnya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi, menekankan seluruh prajuritnya, sebagai salah satu garda terdepan harus memiliki tingkat kesiapsiagaan yang optimal, sehingga siap menjalankan amanat tugas dari negara, kapanpun dan di manapun dibutuhkan.

“Oleh karena itu, apel ini memiliki makna sangat penting bagi Kodam II/Swj sebagai salah satu bentuk sederhana untuk mengukur kesiapsiagaan satuan Kodam II/Swj dalam melaksanakan tugas-tugas kita sebagai bagian integral dari TNI AD yang merupakan komponen utama pertahanan negara”, kata Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj juga memerintahkan agar seluruh personel Kodam II/Swj mempedomani Perintah Harian Kasad dimanapun bertugas dan berada. “Jadikan itu sebagai bentuk implementasi dari ikrar kita yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI yang merupakan dasar pedoman Prajurit TNI AD yang dijiwai oleh Ideologi Negara Pancasila yang wajib dipahami, diamalkan dan diperjuangkan”, tegas Mayjen TNI Agus Suhardi.

Pangdam juga meminta seluruh Prajurit agar menunjukkan Jati Diri TNI AD sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. “Sehingga Prajurit TNI AD yang berasal dari rakyat akan bersama dan manunggal dengan rakyat berjuang bersama menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mencapai tujuan nasional”, ujarnya.

Selanjutnya, dalam menghadapi perkembangan situasi yang akan mengancam dan mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, Pangdam meminta untuk melakukan Deteksi Dini dengan menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat sehingga tidak mudah menerima informasi tidak benar yang akan menimbulkan konflik antar masyarakat. “Ambil tindakan Proaktif, jangan ada keraguan dan ketakutan dalam berbuat dan bertindak untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara”, pungkas Pangdam.

Lebih lanjut dikatakan Pangdam bahwa, Kodam II/Swj sebagai bagian dari TNI AD wajib berperan aktif, kreatif dan produktif untuk menemukan dan memahami peluang-peluang di lingkungan bertugas dalam membantu kelancaran roda perekonomian demi terwujudnya kesejahteraan rakyat. Dan mendukung kelancaran serta suksesnya program-program pemerintah dalam mencapai tujuan nasional dengan harus senantiasa bersinergi dengan segenap komponen bangsa lainnya.

Hadir dalam apel gelar pasukan, antara lain Kasdam II/Swj Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E., M.B.A., beserta Pejabat Utama Kodam II/Swj, Danrem 044/Gapo dan para Komandan Satuan serta Kabalak jajaran Kodam II/Swj wilayah Garnizun Palembang.

Usai memimpin Apel Gelar Pasukan, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, mengajak para awak media makan siang bersama para pejabat Kodam II/Swj dan Prajurit TNI AD di lapangan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Senin (31/1/2022).

“Kalau tidak sekarang, kapan lagi kita makan nasi kotak bersama sambil lesehan seperti ini”, kata Pangdam dihadapan awak media.(ril)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kehilangan, Ini Sosok Almarhum Azhari Haris di Mata Hafiz Tohir

Palembang, Detik Sumsel – Rasa kehilangan menyelimuti keluarga besar Hafiz Tohir, yang mana salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.