Pantau Capaian Kinerja Pembangunan Daerah Melalui Aplikasi SIMONEV | Detik Sumsel
Detik
Kepala Bappeda OKI Aidil Azwari, SP., M.Si., menyerahkan buku pedoman aplikasi SIMONEV kepada Asisten Bidang Administrasi Umum Setda OKI HM Lubis, di Kayuagung, Jum'at (10/12/2021

Pantau Capaian Kinerja Pembangunan Daerah Melalui Aplikasi SIMONEV 

Kayuagung, Detik Sumsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaunching Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIMONEV), guna meningkatkan kualitas dan menyediakan informasi capaian pembangunan daerah.

Kepala Bappeda OKI Aidil Azwari, SP., M.Si., dalam laporannya menyampaikan ada dua indikator untuk melihat kinerja kunci (key performance indicator) yang ada dalam RPJMD tahun 2019-2024 yaitu Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Daerah (IKD).

“Adapun capaian masing-masing IKD yang tersebar pada masing-masing perangkat daerah sesuai RPJMD Kab OKI yaitu sebanyak 247 jenis indikator. Data tingkat capaian target masing-masing indikator tersebut dapat dilihat dalam sistem aplikasi SIMONEV dan dilakukan penginputan oleh OPD,” terang Aidil, Jum’at (10/12/2021).

Dia berharap dengan diresmikannya aplikasi SIMONEV hari ini dapat mewujudkan konsep pembangunan pentahelix dan keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Bumi Bende Seguguk.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda OKI HM Lubis, memberikan apresiasi atas kinerja semua pihak atas telah dilaunchingnya aplikasi SIMONEV, dimana aplikasi ini menjadi manifestasi kemajuan perencanaan pembangunan di OKI.

”Melalui aplikasi SIMONEV, capaian pembangunan daerah dapat diakses kapanpun dan di manapun. Hal ini sekaligus memperkuat upaya konektivitas para pihak untuk mencapai tujuan yang tertuang dalam RPJMD,” terang Lubis.

Digitalisasi proses perencanaan pembangunan, masih kata dia, menjadikan proses pembangunan di daerah jadi lebih maju, transparan, dan lebih optimal.

“Kami mengajak masyarakat lebih cerdas dalam penggunaan media digital. Seperti dengan turut andil mengetahui capaian pembangunan tahun per tahun,” jelasnya.(Iyan)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Polda – Polres Disebut Terima Aliran Dana Proyek di Muba, Ini Tanggapan Kapolda Sumsel

Palembang, Detik Sumsel — Kesaksian tersangka Herman Mayori, Kadis PUPR Muba dalam sidang yang digelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *