Pasar Lematang Lahat Batal Bersolek | Detik Sumsel
Pemprov
Kondisi bangunan Pasar Lematang yang semraut dan sudah dimakan usia, foto Heru/DS

Pasar Lematang Lahat Batal Bersolek

Lahat, Detik Sumsel – Pasar Lematang berada di jantung Kota Lahat, yang rencananya akan menjadi Pasar Tradisional Modern, dengan tatanan seperti berasa di dalam Mall, nampaknya tahun ini batal bersolek alias dipercantik. Ketidak tersediaan anggaran jadi faktor utama rencana wajah baru Kota Lahat ini belum bisa berjalan.

Padahal rencana mempercantik Pasar Lematang tersebut, bertujuan untuk meningkatkan laju perekonomian warga (pedagang), juga membuat wadah bagi wisatawan yang ingin mecari oleh-oleh khas Kabupaten Lahat. Selain itu, jika dilihat dari usia bangunan, Pasar Lematang sudah layak dibagun ulang dengan tata kelola managemen baru yang lebih baik.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lahat, Feriyansyah Eka Putra membenarkan, rencana mempercantik Pasar Lematang belum bisa dilakukan, karena belum adanya anggaran.

“Memang butuh dana besar. Jadi rencana itu belum bisa dijalankan,” ujar Feriyansyah, Kamis (30/9).

Lanjut Feriyansyah, rencana itu setidaknya sudah disampaikan ke masyarakat, untuk melihat sampai sejauh mana animo masyarakat.

“Baru rencana, Detail Engineering Design (DID) nya juga belum dibuat,” ujarnya. Selain membuat jalan Mayor Ruslan menjadi one way sebagai wajah baru Kota Lahat, nanti sisi kiri dan kanan jalan dibuat pedestrian. Sedangkan untuk tugu simpang empat, akan dibuat sayembara dahulu baiknya dibuat jadi apa.

Disisi lain, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Lahat, Fikriansyah SE MSi menuturkan, pihaknya sudah mencoba mencari kucuran anggaran dari pemerintah pusat untuk mewujudkan rencana itu. Namun karena masih dalam kondisi pandemi, rencana itu terpaksa tidak bisa berjalan sesuai keinginan.

“Biayanya cukup besar, bisa diangka triliunan. Apalagi jika harus membuat basement sebagai area parkir. Kedepan semoga rencana yang baik tersebut bisa terlaksana, agar masyrakat yang ingin berbelanja bisa lebih nyaman dan perputaran roda perekonomian jadi lebih besar,” tutur Fikriansyah. (Heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Hafal 30 Juz, Al Qur’an, Pemuda OKI Diganjar Apresiasi 

Kayuagung, Detik Sumsel-Bertepatan dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2021, Wakil Bupati (Wabup) Ogan Komering Ilir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *