Pasca Pandemi Covid-19, Perekonomian OKU Tumbuh 2,5 Persen

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Baturaja, Detiksumsel.com – Perekonomian di Kabupaten OKU tumbuh 2,5 persen pasca pandemi Covid-19, hal ini dikatakan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering Ulu (BPS OKU) Mukti Riyadi.

Disebutkan Mukti, BPS OKU mencatat pasca pandemi covid-19, pertumbuhan ekonomi di OKU pada 2021 ini berada diangka 2,51 persen.

“Pertumbuhan ini dinilai baik. Pertumbuhan ini didukung oleh lapangan usaha, jasa kesehatan dan kegiatan sosial serta bidang usaha informasi dan komunikasi,” kata Mukti.

Dikatakan Mukti, Pertumbuhan ekonomi 2021 berbeda dengan kondisi 2020, yang mengalami kontraksi sebesar 0,01 persen.

“Pada 2020, terdapat enam lapangan usaha yang mengalami kontraksi. Beberapa diantaranya adalah pertambangan, penggalian, perdagangan besar dan eceran. Termasuk usaha kuliner yang saat ini mulai berkembang di Baturaja,” tuturnya.

Dilihat dari kontribusi, pertumbuhan terbesar disokong oleh sektor lapangan usaha jasa kesehatan dan kegiatan sosial mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 10,42 persen.

Informasi dan komunikasi sebesar 8,12 persen, serta penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 7,71 persen.

Dengan adanya pertumbuhan ini perlu disikapi oleh Pemkab OKU antara lain untuk meningkatkan insprastruktur seperti jalan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lebih baik lagi.

Insprastruktur jalan menjadi penting, namun mengingat sektor perdagangan menjadi penyokong terbesar pertumbuhan ekonomi, Pemerintah OKU juga harus usaha-usaha yang ada di masyarakat harus terlindungi dan pengaturan jangan sampai membebani pelaku usaha yang dilakukan masyarakat. (fei)

Komentar