Pasien Sakit Jiwa Bisa Nyoblos, Ini Syaratnya | Detik Sumsel
BNI"
Istimewa

Pasien Sakit Jiwa Bisa Nyoblos, Ini Syaratnya

Palembang, Detik Sumsel- Meski memiliki gangguan kejiwaan, pasien Rawat Jalan RS. Ernaldi Bahar tetap bisa menggunakan hak suaranya saat gelaran Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Presiden 2019 mendatang, dengan syarat hanya mereka yang berobat kontrol rawat jalan bisa kooperatif, serta tinggal bersama keluarganya.

Hal tersebut disampaikan oleh Humas RS Ernaldi Bahar Iwan Adhyantoro. Ia mengatakan, banyak pasien gangguan jiwa yang berobat menggunakan BPJS, tentu saja mereka semua mempunyai KK dan NIK.

Mengenai pemungutan suara selama ini belum pernah ada petugas KPU yg mendatangi pasien jiwa ( ODGJ) yang sedang dirawat inap.

“Hal ini bisa dimaklumi karena pasien yg sedang dirawat seringkali ada gangguan proses berpikir, gangguan orientasi, halusinasi, dan lain sebagainya, yang tentu saja mempengaruhi keputusannya dalam menentukan pilihan/suaranya,” jelasnya.

Tetapi, lanjut Iwan, untuk pasien yang tenang dan kooperatif, serta tinggal bersama keluarga kiranya bisa diambil suaranya.

“Barusan bertanya ke pasien dan keluarga yg berobat kontrol rawat jalan (kondisinya cukup tenang dan kooperatif), mereka mengatakan tetap menyoblos, mereka malah mengatakan akan menggunakan haknya ketimbang golput,” jelasnya.(Bra)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

PDAM Tirta Agung Pastikan IPA Jejawi Beroperasi Awal 2022

Kayuagung, Detik Sumsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) bersama dengan Kementerian PUPR …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *