PAW 15 Anggota DPRD Muaraenim Masih Sisakan Satu Kursi

Iklan detik Sumsel

Muaraenim, Detik Sumsel- Pergantian Antar Waktu (PAW) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muara Enim menyisakan satu kursi, dari 15 anggota DPRD aktif yang terjerat terjerat kasus suap pengadaan barang dan jasa di Dinas PUPR kabupaten Muara Enim.

Informasi dihimpun, sampai hari ini sudah 14 anggota PAW DPRD Kabupaten Muara Enim yang dilantik, delapan di antaranya dilantik, Senin (21/3/2022) lalu. Adapun satu kursi yang masih tersisa tersebut yaitu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menggantikan anggota DPRD sebelumnya, Piardi yang saat ini telah menjalani sidang kasus Tindak Pidana Korupsi di Pengadilan Tipikor Palembang.

Sebagai penanggungjawab administratif, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim, Ahyaudin Efendi mengatakan, peran KPU pada proses PAW DPRD ini adalah merekomendasikan nama calon pengganti.

“KPU dalam hal ini hanya merekomendasikan nama calon pengganti, selanjutnya untuk proses pengesahan, pengangkatan dan pelantikan itu sudah menjadi kewenangan DPRD,”ungkapnya, Rabu (22/03/2022) pada awak media.

Dalam proses PAW DPRD ini, Lanjut Ahyaudin, KPU memegang prinsip kehati-hatian, untuk itu dibutuhkan dokumen-dokumen, data-data yang lengkap dan selalu berpedoman dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Penting bagi kami untuk memverifikasi dan klarifikasi ke partai politik upaya memastikan tidak ada persoalan dan permasalahan terhadap calon yg akan menggantikan, memastikan juga bahwa yang akan diganti sudah di keluarkan SK pemberhentian (pemecatan) dari DPP , serta tidak ada persoalan-persoalan lainnya” terangnya.

Lanjuy Ahyaudin, sudah 14 PAW DPRD kabupaten Muara Enim yang dilantik, menyisakan satu partai yang belum melaksanakan pelantikan yaitu PKB.

“Kalau yang sudah dilnatik 14 PAW DPRD Muara Enim. Jadi dari 15 itu masih menyisakan satu anggota lagi yakni dari PKB,”ujarnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi kantor awak media via sambungan telpon pribadinya, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Muara Enim, M Candra membenarkan bahwa PKB belum melaksanakan pelantikan PAW DPRD, namun DPC sudah merekomendasikan nama yang mendapatkan suara terbanyak ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB.

“Benar tinggal PKB yang belum melaksanakan pelantikan PAW DPRD Muara Enim dari ke-15 itu. Namun, kita telah merekomendasikan suara terbayak ke DPP untuk ditetapkan,”jelasnya, Rabu (23/03/2022) pada media ini.

Lebih anjut ketua KONI Muara Enim ini juga mengatakan, dalam proses pengajuan PAW ini pihaknya selaku DPC tidak memiliki hak untuk mengambil keputusan, sajauh ini DPC hanya bisa merekomendasikan nama yang kiranya mewakili semua pihak.

“Kami berharap supaya SK PAW DPRD Kabupaten Muara Enim untuk partai PKB ini segera diterbitkan oleh pusat, mengingat saat ini hanya PKB yang belum melaksanakan pelantikan,”pungkasnya.

Komentar