Pelaku Pembunuhan di Simpang Suro Keok Diterjang Timah Panas | Detik Sumsel
BNI"
Asep Setiawan pelaku pembunuhan Riko saat dihadirkan pres rilis tersangka dan barang bukti di Mapolsek Ilir Barat II Palembang

Pelaku Pembunuhan di Simpang Suro Keok Diterjang Timah Panas

Palembang, Detik Sumsel — Buron hampir tiga bulan, Asep Setiawan Putra (36) pelaku pembunuhan yang menewaskan Riko Sanani (36) di Jalan Ki Rangga Wiro Sentiko, Lorong Setia Budi, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II Palembang pada 23 Mei 2021 lalu berhasil diringkus anggota Reskrim Polsek Ilir Barat II Minggu (8/8/2021) pagi.

Betis kanan Asep terpaksa dihadiahi sebutir timah panas oleh anggota karena mencoba kabur dan melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

Peristiwa perkelahian antara tersangka Asep dan korban Riko terjadi di Jl Kironggo Wirosantiko, Lorong Setia Budi, Simpang Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan IB II, Palembang, pada 23 Mei 2021 silam.

Saat itu tersangka Asep mendatangi rumah korban di Lorong Setia Budi dengan membawa senjata tajam yang disimpan dipinggang. Sesampainya di TKP tersangka menyimpan senjata tajamnya dibawah tangga rumahnya.

Tidak lama kemudian korban Riko Sanani datang dengan sepeda motor dan bertemu dengan tersangka. Korban pun turun dari Sepeda motornya sambil menantang tersangka. Korban langsung membacok tangan kanan tersangka.

Tersangka lari lalu mengambil pisau yang disimpannya lalu menusuk dada sebelah kiri korban. Namun korban masih melakukan perlawanan dengan mengibaskan sajamnya kearah tersangka. Tersangku mundur lalu kayu untuk menangkis bacokan korban setelah itu korban jatuh bersimbah darah tersangka lalu kabur meninggalkan korban.

Kapolsek IB II Palembang, Kompol M Ihsan SH mengatakan, pelaku dijerat dengan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan, jo Pasal 351 KUHP ayat 3 tentang penganiayaan berat.

“Pelaku DPO hampir tiga bulan. Baru pagi tadi mengetahui keberadaan tersangka dan kita amankan saat berada di Palembang saat pulang dari pelariannya,” ujarnya.

Motif perkelahian tersangka dan korban karena selisih paham karena utang narkoba. Tapi masih dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan.

“Mungkin ada cekcok masalah narkoba. Waktu di lokasi kejadian, tersangka ini sudah membawa sajam dan langsung menyerang korban. Pelaku ini termasuk pemain narkoba. Tapi saat ini masih pemeriksaan lebih dalam lagi,” tandasnya.

Dihadapan polisi Asep mengaku tidak ada masalah dengan korban. Saat bertemu tersangka yang lebih dulu menantang untuk duel di depan rumah pamannya.

“Seingat aku katik masalah Pak dengan korban. Aku jugo idak kenal dekat dengan korban. Nah, waktu betemu, cuma korban ngomong kalau aku nak ngajak duel,” akunya.

Terkait permasalahan utang narkoba, tersangka Asep juga menampiknya. Tersangka terpaksa balik menyerang karena sudah jatuh diserang.

“Dio langsung nyerang dan keno bahu kanan aku pakai parang, terus mundur langsung ngambek pisau yang sudah aku sembunyikan di bawah tanggo. Tapi dio terus nyerang, aku jatuh dapat kayu langsung aku pukuli,” bebernya lagi.

Tersangka baru tahu kalau korban meninggal dunia dari temannya usai kejadian.

“Baru tahu malam itulah setelah kejadian Pak. Aku langsung kabur ke Rambutan Banyuasin tempat uwak begawe ngangkut sawit. Aku balik ke Palembang kareno rindu dengan anak aku,” tutupnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

RA Anita Pimpin Kembali DPD KPPI Sumsel Periode 2021-2026

Palembang, Detik Sumsel – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *