Pelatihan Penyusunan Profil Desa pada Desa Ulak Kembahang II | Detik Sumsel
Detik
bersama mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Laboratorium Aplikasi Ekonomi dan Bisnis, memberikan pelatihan dan pendampingan kepada perangkat desa, BPD, LPM dan ibu-ibu PKK Desa Ulak Kembahang II sebanyak 29 orang, selama September-November 2021

Pelatihan Penyusunan Profil Desa pada Desa Ulak Kembahang II

Palembang, Detik Sumsel- Masih kurangnya kemampuan dalam pengelolaan data profil dan potensi ekonomi, dikarenakan masih relatif kurangnya kemampuan perangkat desa dalam mengumpulkan dan mengolah data, maka dilakukan pelatihan.

Oleh karena itu, melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan Universitas Sriwijaya dosen Fakultas Ekonomi yang diketuai oleh Imelda, S.E., M.S.E beserta F.X Parama Santati, S.E., M.Kom , Dr. Emylia Yuniarti, S.E., MSi., Ak., CA., CSRS, dan Drs. Abbas Effendi, M.Si bersama mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Laboratorium Aplikasi Ekonomi dan Bisnis, memberikan pelatihan dan pendampingan kepada perangkat desa, BPD, LPM dan ibu-ibu PKK Desa Ulak Kembahang II sebanyak 29 orang, selama September-November 2021.

Kepala Desa Ulak Kembahang II yakni Hasbi Bustam mengatakan, dalam pengelolaan administrasi data desa terutama untuk menyusun data profil dan potensi ekonomi desa masih menghadapi keterbatasan dikarenakan masih relatif kurangnya kemampuan perangkat desa dalam mengumpulkan dan mengolah data. “Untuk itu, diperlukan pelatihan dan pendampingan agar administrasi data ekonomi dan pembangunan Desa Ulak kembahang II agar penyusunan perencanaan desa dalam mencapai Visi dan Misi pembangunan, menggunakan data yang lebih update, lengkap dan lebih akurat,”

Imelda, S.E., M.S.E , Ketua Pengabdian dan Narasumber mengatakan, kegiatan pengabdian yang dilakukan antara lain, pelatihan survey pengumpulan data, pelatihan administrasi perkantoran dan pengarsipan, survey pengumpulan data, dan focus group discussion hasil profil desa dan diseminasi profil desa dengan media Youtube, X-Banner dan Poster. “Kita memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai administrasi perkantoran desa, penyusunan profil desa dan peta potensi ekonomi desa yang baik dan benar sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Keluarahan.”

Harapannya, dengan dilakukan pengabdian ini mampu membantu Desa Ulak Kembahang II menjadi lebih baik dalam tata kelola administrasi pemerintahan desa. “Semoga dengan adanya pelatihan mengenai administrasi desa serta penyusunan profil desa dan peta potensi ekonomi desa mampu memberikan manfaat khususnya kepada aparat pemerintahan desa agar lebih baik dalam tata kelola pemerintahan desa” ungkap Imelda.

F.X Parama Santati, S.E., M.Kom sebagai narasumber menyampaikan materi mulai dari peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan sampai proses penulisan surat-menyurat yang baik dan benar.

Selain kegiatan pelatihan dan pendampingan, bersama Laboratorium Aplikasi Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi telah berhasil membuat video profil Desa Ulak Kembahang II yang dapat dilihat pada akun youtube Desa Ulak Kembahang II https://youtu.be/VdvZIayLFx8, pada Rabu (3/11/2021).

Penyusunan profil desa adalah proses untuk menggali dan menemukan potensi desa yang akhirnya bisa mengembangkan program-program pembangunan desa. Profil desa dijadikan sebagai pedoman dalam proses perencanaan pembangunan desa dalam bentuk pembangunan fisik dan meningkatkan kualitas masyarakat.

Ketersediaan data dalam profil data dapat mempermudah perencanaan pembangunan desa dan diharapkan program-program pembangunan menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.” Pengumpulan data profil desa dilaksanakan secara partisipatif oleh perangkat desa didampingi oleh mahasiswa dan tim pengabdian Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya ” pungkasnya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kampus Pertama di Sumsel Gelar Vaksin Booster

Palembang, Detik Sumsel- Setelah sukses melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap I dan II, Universitas Tridinanti Palembang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *