Pembangunan Jalan Desa Tamansari Gunakan Plastik Untuk Perkuat Beton | Detik Sumsel
Pemprov

Pembangunan Jalan Desa Tamansari Gunakan Plastik Untuk Perkuat Beton

Pati, Detik Sumsel – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke – 111 Kodim 0718/Pati saat ini sedang berlangsung pengerjaanya di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, dalam TMMD kali ini setiap harinya, personil TNI bersama masyarakat tampak sibuk bergotong-royong melaksanakan pengecoran jalan sebagai sasaran fisik, yaitu jalan penghubung Desa Tamansari menuju Desa Sumberarum sejauh 1450 Meter. Sabtu (19/06/2021).

Dalam pekerjaan itu tampak sebagian anggota satgas sibuk menyiapkan matrial yang dibawa ke mesin cor, demikian juga ada yang sibuk menyiapkan plastik untuk digelar pada lapisan dasar yang akan digelar cor beton. Memang dengan cuaca cerah, juga sangat mendukung pekerjaan pengecoran jalan.

Sertu Sugito salah satu anggota satgas yang sedang mempersiapkan plastik mengatakan jika plastik sebagai alas cor beton yang berhubungan dengan tanah, berfungsi untuk menahan agar air semen tidak merembes kedalam tanah dan menghindari air campuran semen pada material cor tidak hilang karena meresap ke dalam tanah dan beton yang dihasilkan kuat dan tidak timbul cracks.

“Keuntungan menggunakan plastik sebagai lantai kerja cor beton, biaya jadi lebih murah dan waktu pemasangannya lebih cepat karena tinggal menghamparkannya saja ke lantai. Pengadaan material plastik tergolong mudah didapat serta simpel dalam penyimpanan,”ungkapnya.

Ia juga menambahkan kerugian menggunakan lantai kerja plastik, rawan sobek saat proses pelaksanaan pekerjaan diatasnya, entah kena material beton atau aktifitas pekerja. Sobeknya plastik dapat membuat kegagalan cetakan beton akan timbul cracks dan tidak kuat tentunya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Menjawab Tantangan Nasional, SKK Migas – Pemkot Solo Sepakat Lakukan Pengembangan

Surakarta, Detik Sumsel – Nota kesepahaman untuk bersinergi mengembangkan sumber daya manusia dan teknologi untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *