Pembunuhan di Jalan Radial 11 Tahun Silam Direkonstruksi

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel — Polsek Ilir Barat I menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan yang menewaskan Dikky Agustria didepan mini market Jalan Radial, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Ilir Barat I Palembang pada 19 Desember 2011 silam.

Dengan alasan keamanan rekonstruksi tidak dilakukan TKP sehingga dialihkan di halaman Polsek IB I Kamis (24/3/2022). Dalam rekonstruksi sebanyak 12 adegan ini diperankan langsung oleh tersangka Mgs Iqbal (35) dua pelaku yang masih DPO digantikan oleh peran pengganti.

Kapolsek Ilir Barat I Kompol Roy A Tambunan melalui Kanit Reskrim Iptu Apriansyah mengatakan kasus pembunuhan ini terjadi di Jalan Radial, Kecamatan Ilir Barat I Palembang pada 19 Desember 2011 silam. Korban tewas dengan dua luka tusuk ditubuh tersangkanya tiga orang, satu tersangka Mgs Iqbal sudah ditangkap dan dua lagi masih DPO.

“Satu tersangka sudah berhasil ditangkap dan saat ini kita gelar rekonstruksinya. Dalam rekonstruksi ini ada 13 adegan. Korban tewas ditusuk pelaku sebanyak dua tusuk ditubuhnya,”ujar Iptu Apriansyah saat ditemui setelah proses rekonstruksi berlangsung, Kamis (24/3/2022).

Dalam pelariannya selama sebelas tahun, tersangka Mgs Iqbal berada di Jakarta dan bekerja sebagai juru parkir.

Untuk motif pembunuhan, kata Apriansyah dilatar belakangi asmara antara korban dengan salah satu tersangka yang masih buron.

“Salah satu tersangka cemburu karena korban ini sering nongkrong di cafe, ternyata disana ada wanita yang senang dengan korban. Tapi ada satu pelaku yang juga suka sama wanita tersebut. Sehingga pelaku itu mempengaruhi rekan-rekannya sampai bisa terjadi pembunuhan ke korban,” jelasnya.

Diketahui, korban tewas setelah mengalami luka bacok di bagian belakang serta belikat sebelah kanan.

Saat itu korban ditemukan oleh kakak kandungnya sudah terkapar di pinggir jalan dengan tubuh bersimbah darah.

“Atas perbuatannya, tersangka terancam dijerat dengan pasal 338 KUHP JO Pasal 170. Ancaman hukumannya maksimal seumur hidup,” jelasnya.

Komentar