Pemkab Lahat Tetapkan 4 Prioritas Pembangunan 2022 | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Bupati-Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang SH-Haryanto SE MM MBA, foto Istimewa.

Pemkab Lahat Tetapkan 4 Prioritas Pembangunan 2022

Lahat, Detik Sumsel– Pemkab Lahat Senin (12/7) lalu telah menyerahkan rancangan kebijakan umum APBD (KUA) dan rancangan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) APBD Kabupaten Lahat tahun anggaran 2022, untuk dibahas bersama dengan alat kelengkapan dewan DPRD Kabupaten Lahat.

Bupati Lahat, Cik Ujang mengatakan, rancangan KUA dan PPAS ini disusun berdasarkan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022, yang mengacu pada arah kebijakan dan sasaran pokok rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD), program prioritas nasional dalam rencana kerja pemerintah (RKP), visi, misi dan program pemerintah Kabupaten Lahat.

“Untuk tahun 2022 temanya, meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daya saing daerah yang didukung perbaikan kualitas infrastruktur dan konektivitas berbasis pemerataan berkelanjutan,” kata Bupati Lahat, Selasa (13/7).

Baca Juga :   Lengserkan Junaidi, Iin Jabat Ketua Bawaslu Sumsel

Cik Ujang menambahkan, ada empat prioritas pembangunan pada tahun 2022 mendatang. Meliputi, peningkatan kualitas SDM berdaya saing dan mendukung percepatan penurunan kemiskinan. Percepatan pemulihan ekonomi, didukung perbaikan infrastruktur, konektivitas, lingkungan hidup serta struktur ekonomi yang produktif, mandiri dan berkelanjutan.

Lalu lakukan revolusi mental dalam pembangunan, didukung birokrasi efektif dan penguatan tata kelola pemerintahan yang bersih bebas korupsi. Terakhir, peningkatan ketahanan daerah dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, termasuk potensi daerah rawan bencana, wabah juga bencana lainnya.

Baca Juga :   Personel Basarnas Palembang BKO Basarnas Pusat Operasi SAR Banjir Jakarta

“Selain itu pembangunan tahun 2022 juga diarahkan pada penguatan manajemen penyelenggaraan pemerintahan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Agar lebih meningkatkan kualitas pembangunan yang lebih baik,” jelasnya.

Bupati Lahat berharap, rancangan KUA dan PPAS tahun 2022 yang dibahas bersama oleh tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dan Badan Anggaran DPRD Lahat, dapat segera dituangkan kedalam nota kesepakatan antara Pemkab Lahat dengan DPRD Lahat.

“Paling lambat minggu kedua bulan Juli untuk dibahas dan disepakati bersama, antara kepala daerah dan DPRD, dan ditandatangani paling lambat minggu kedua bulan Agustus mendatang,” ujar Bupati Lahat. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Seleksi Calon Bintara dan Tamtama Selesai, Hasil Survei 95 Persen Publik Terima 

Palembang, Detik Sumsel — Sebanyak 573 calon bintara dan tamtama remaja Polri lulus seleksi yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *