Pencuri Kotak Amal di Masjid Berpakaian Gamis Ditangkap Polisi, Ini Pelakunya | Detik Sumsel
Pemprov
Ivan Suhelmi pelaku pencurian kota amal dan speaker masjid saat dihadirkan pres rilis tersangka dan barang bukti di Polsek Sukarami Palembang

Pencuri Kotak Amal di Masjid Berpakaian Gamis Ditangkap Polisi, Ini Pelakunya

Palembang, Detik Sumsel — Anggota Reskrim Polsek Sukarami berhasil menangkap pelaku pencurian kota amal dan speaker di masjid Asahayidi Kecamatan Alang – alang Lebar yang sempat viral di sosial media beberapa hari lalu. Pelakunya adalah Ivan Suhelmi (46) warga Panjaitan Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II.

Dalam rekaman CCTV pelaku saat beraksi mengenakan pakaian gamis, berpeci serta syal yang dililitkan di lehernya. Dari hasil rekaman CCTV itulah anggota Reskrim Polsek Sukarami berhasil mengidentifikasi pelaku.

Kapolsek Sukarami Kompol Budi Hartono Sustrisno didampingi Kanit Reskrim Iptu Denny Irawan mengatakan pelaku melakukan pencurian kotak amal dan speaker di masjid Asahayidi aksi pelaku terekam CCTV. Dari rekaman CCTV yang viral anggota melakukan penyelidikan lalu berhasil mengidentifikasi pelaku dan pelaku berhasil ditangkap.

“Modus tersangka berpura-pura shalat di masjid. Lalu mengamati situasi setelah aman pelaku mengambil uang didalam kotak amal sebesar Rp. 300 ribu. Dan mengambil speaker setelah itu pelaku melarikan diri dengan sepeda motornya,”ujarnya.

Aksi pencurian kotak amal sudah dilakukan pelaku dua kali semua dilakukan di wilayah hukum Polsek Sukarami Palembang. “Namun hanya ada satu laporan. Korban pihak masjid Asahayidi melapor telah kehilangan kotak amal ternyata pelaku nya Ivan Suhelmi,”kata Budi.

Atas perbuatannya tersangka dijerak dengan pasal 363 dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Sementara itu, tersangka Ivan mengaku ia nekat melakukan aksi pencurian kota amal di masjid, karena tidak ada pekerjaan sehingga mengambil uang kotak amal yang dilakukan sudah dua kali. Semuanya dilakukan di Sukarami pertama kali ini aksi ditangkap polisi.

“Uang digunakan untuk mabok tuak hepi-hepi terus sisanya untuk bermain judi slot saya sudah kencaduan tiga bulan, kalau speaker itu rencanakan digunakan untuk memakai sendiri. Karena tidak ada pekerjaan jadi lakukan itu pak,”ujar bapak 7 anak ini kepada petugas.(oji)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

DPRD Palembang Berduka, Azhari Haris Tutup Usia

Palembang, Detik Sumsel – Innalilahi wainailaihi rojiun, kabar duka menyelimuti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.