Pendaki Gunung Dempo Wajib Tunjukan Sertifikat Vaksin | Detik Sumsel
Pemprov
Gunung Api Dempo Pagaralam

Pendaki Gunung Dempo Wajib Tunjukan Sertifikat Vaksin

Pagaralam, Detik Sumsel- Hampir dapat dipastikan disetiap moment hari kemerdekaan Republik Idonesia (RI) yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus, para pencinta alam akan merayakan moment tersebut di puncak Gunung. Tak terkecuali di Gunung Dempo Pagaralam.

Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di perayaan HUT RI tahun ini, para pendaki yang hendak mendaki ke Gunung Dempo Pagaralam, diwajibkan menunjukan surat keterangan sehat dan kartu vaksin COVID-19, kepada petugas piket di jalur pendakian di kampung IV.

Bahkan peraturan tersebut ini sudah berlaku mulai hari ini, Jum’at (13/8), hingga 18 Agustus mendatang.

Baca Juga :   Pimpinan DPRD Pagaralam Terjun Langsung Tangani Bencana Banjir

Ketua Balai Registrasi Dempo (Brigade) Arindi, membenarkan adanya peraturan tersebut, Ia menjelaskan, jika ketentuan ini dilakukan bertujuan untuk memperketat pendakian, serta upaya kesehatan dan keselamatan para pendaki.

“Sebelum melakukan peraturan ini pihaknya, telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, mulai dari Kapolres, Kasat Intel dan Kasi Binmas Polres Pagaralam,”katanya, Minggu (15/8)

Tak hanya itu, Ia juga menuturkan, selain peraturan wajib vaksin, himauan lain juga disampaikan, seperti wajib lapor di posko sebelum pendakian, larangan membawa minuman keras, senjata tajam dan narkoba. Pendaki wajib menerapkan protokol kesehatan (Prokes), serta mematuhi peraturan yang telah ditetapkan posko pendakian.

Baca Juga :   Jaga Keamanan Gunung Dempo, Polres Pagaralam Sinergi dengan Brigade

Untuk menghindari banyaknya pendaki, yang nantinya berpotensi mengabaikan Prokes, maka akan diberlakukan pembatasan jumlah. Tidak dipungkiri, setiap momen peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), akan banyak para pendaki, baik dari luar maupun dari dalam kota Pagaralam.

“Kita batasi paling banyak 800 orang di kurun waktu dua hari,”pungkasnya.(rendi)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Diterjang Arus, Ponton IPA PDAM Unit Tanjung Agung Rusak Berat

Baturaja, Detik Sumsel — Aktifitas Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Tirta Raja unit Tanjung Agung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.