Pendakian Gunung Api Dempo Ditutup Sementara | Detik Sumsel
Pemprov
Gunung Api Dempo Kota Pagaralam

Pendakian Gunung Api Dempo Ditutup Sementara

Pagaralam, Detik Sumsel- Berdasarkan dari program rutin tahunan Balai Registrasi Gunung Merapi Dempo (Brigade) terhitung mulai Tanggal 30 Maret pendakian dan Afdeling VI Gunung Dempo akan di tutup sementara sampai dengan tanggal 4 Mei tahun 2022.

Hal ini berdasarkan surat edaran dari pihak UPTD KPH X Dempo melalui Balai Registrasi Gunung Merapi Dempo (Brigade) Kota Pagaralam. Hal ini juga selain merupakan program rutin tahunan Brigade penutupan sementara tersebut dalam rangka bulan suci Ramadhan.

“Ya pendakian Gunung Api Dempo akan ditutup sementara, Jadi bagi rekan-rekan yang telah berencana untuk mendaki Gunung Dempo di tanggal tersebut kami menghimbau untuk menjadwal ulang rencana pendakian sampai dengan tanggal dibuka kembali pendakian GAD.” Imbau Ketua Brigade Kota Pagaralam Arindi, Senin (28/3)

Ia menjelaskan, penutupan sementara ini juga dalam rangka pemeliharaan, peremajaan jalur dan pemulihan ekosistem secara alami.

“Pemeliharaan sendiri yaitu seperti jalan yang rusak, rambu-rambu jalur pendakian dan papan petunjuk,”katanya.

Arindi juga mengatakan penutupan jalur pendakian yang bertepatan dengan bulan suci ramadhan memang seringkali dilakukan. Itu dikarenakan berkurangnya minat pendaki yang ingin menuju puncak Gunung Api Dempo selama bulan ramadhan.

“Tergantung kondisi, cuma secara kebetulan biasa di bulan suci ramadhan peminat pendaki juga berkurang, sekalian aja ditutup,”jelasnya

Ia menambahkan, bahkan pihaknya kedepan berencana akan melakukan penutupan pendakian tersebut dijadwalkan dua kali dalam satu tahun, dengan jangka waktu penutupan maksimal tiga bulan.

“Paling lama penutupan sementara akan dilakukan selama 3 bulan, hal ini bertujuan agar ekosistem alalmi di jalur pendakian kembali normal,”pungkasnya.(rendi)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

DPRD Palembang Berduka, Azhari Haris Tutup Usia

Palembang, Detik Sumsel – Innalilahi wainailaihi rojiun, kabar duka menyelimuti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.