Penggugat Kecewa PN Palembang Nyatakan Tidak Berwenang Memutus Gugatan Perdata Eks Warga Asrama CPM

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel.com — Eks warga asrama CPM Kelurahan Talang Aman, Kecamatan Kemuning Palembang yang dikosongkan oleh pihak Kodam II Sriwijaya beberapa waktu lalu. Masih melakukan perlawanan melalui gugatan perdata di Pengadilan Negeri Palembang yang mereka layangkan melalui kuasa hukum dari kantor hukum Lawyer Handal Law Firm Palembang.

Kuasa Hukum warga eks asrama CPM Pondam II Sriwijaya Tri Jayanto SH mengatakan gugatan perdata eks warga sudah diajukan akhir Mei 2022 lalu dan Pengadilan Negeri Palembang memutuskan dalam amar putusannya menyatakan bahwa Pengadilan Negeri Palembang tidak berhak untuk mengadili gugatan yang dilayangkan Eks warga asrama CPM Pondam II Sriwijaya terhadap Kodam II Sriwijaya selaku tergugat.

“Kompetensi absolut untuk mengajukan gugatan perdata ini seharusnya diwilayah pengadilan militer. Nah sedangkan di UU no 31 tahun 1997 menyatakan perangkat pengadilan militer ini belum ada maka dari situ kami menyatakan majelis hakim pengadilan negeri Palembang keliru dalam memutuskan bahwa wilayah pengadilan negeri Palembang bukan termasuk wilayah kompetensi absolut untuk mengajukan gugatan perdata eks warga asrama CPM nya,”katanya kepada detiksumsel.com Rabu (28/9/2022).

Komentar