Pensiun dari Polri, Tak Pengaruhi Jabatan Firli Bahuri Di KPK | Detik Sumsel
Detik
Ketua KPK RI Firli Bahuri

Pensiun dari Polri, Tak Pengaruhi Jabatan Firli Bahuri Di KPK

Palembang, Detik Sumsel — Keluarnya surat telegram (ST) nomor ST/2568/XII/KEP./2021 tanggal 17 Desember 2021. Dalam surat telegram terdapat nama Komjen Pol Firli Bahuri yang dimutasi dalam rangka pensiun. Meski dimutasi itu berlaku bagi status Firli sebagai Jenderal Korps Bhayangkara.

“Beliau purna dari Polri, akan tetapi tetap sebagai ketua KPK,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono Sabtu, 18 Desember.

Sehingga, dengan adanya surat telegram (ST) nomor ST/2568/XII/KEP./2021 tanggal 17 Desember 2021, Komjen Firli masih menjabat sebagai ketua KPK.

Adapun, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Sigit Prabowo merombak struktur organisasi Korps Bhayangkara. Salah satunya memutasi Komjen Firli Bahuri.

Dalam struktur Polri, Komjen Firli Bahuri yang sebelumnya menjabat sebagai perwira tinggi (Pati) Bareskrim Polri dimutasi menjadi Pati Bareskrim dalam rangka pensiun.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo yang dikonfirmasi perihal itupun membenarkannya. Penarikan itu lantaran Komjen Firli Bahuri telah memasuki masa pensiun.

“Ya benar, proses mutasi secara alamiah yang pensiun dan tour of duty and area serta penyegaran,” kata Dedi

Hal terpisah ditanggapi ketua KPK RI, adanya surat telegram dari Mabes Polri. t Komjen Pol Firli Bahuri, mengatakan sebagaimana ketentuan Undang Undang 19 tahun 2019, masa jabatan pimpinan KPK periode 2019 sampai 2023 ( selama 4 tahun).

“Saya selaku ketua KPK, akan menyelesaikan tugas dan amanah sebagai ketua KPK sampai dengan bulan Desember 2023,karna jabatan ketua KPK bukan penugasan dari Kapolri”ungkapnya kepada wartawan,Saptu (18/12/2021).

Dimana lanjut Firli, mengatakan sesuai dengan UU no 19 tahun 2019, Komisi Pemberantasan Korupsi adalah Lembaga Negara dalam rumpun eksekutif yang dalam tugas dan wewenangnya bersifat independen tidak terpengaruh kepada kekuasaan manapun.

“Ya perlu kita ketahui lembaga KPK adalah lembaga Independen,dimana lembaga yang tidak terpengaruh oleh kekuasaan dari mana pun, pimpinan kpk adalah pejabat Negara”singkatnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Minggu Kedua Januari, Polda Sumsel Tangkap 56 Tersangka Pemain Narkoba

Palembang, Detik Sumsel — Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel bersama Polrestabes dan Polres jajaran dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *