Penyuluhan Balingtan Pati Sistem Pertanian Ramah Lingkungan | Detik Sumsel
Pemprov

Penyuluhan Balingtan Pati Sistem Pertanian Ramah Lingkungan

Pati, Detik Sumsel – Penyuluhan yang bekerja sama dengan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) Kabupaten Pati dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati.

Sebagai petugas penyuluhan adalah Sukarjo Kepala Subag Penelitian, Balingtan Pati. Kegiatan ini diikuti Kepala Desa Tamansari beserta perangkat desa setempat dan warga masyarakat, yang diadakan di Balai Desa Sidomukti, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jumat (2/7/2021).

Adapun kegiatan penyuluhan pertanian yang bertujuan, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani Desa Tamansari sebagai rangkaian sasaran kegiatan non fisik TMMD 111 Kodim 078/Pati.“Dengan harapan agar bisa menambahkan kemampuan dan keterampilan petani setempat dalam meningkatkan hasil pertanian dan memberi pengetahuan tentang pertanian yang ramah lingkungan, serta untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Desa Tamansari,” papar Kapten Kav Budi Karyadi, S.E. Pengawas Lapangan Satgas TMMD.

Dalam kesempatan itu, Sukarjo mengatakan kegiatan penyuluhan pertanian yang ramah lingkungan dapat bermanfaat dengan biaya hemat dan alat modern dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan masyarakat.“ Penyuluhan yang diberikan sebagai upaya agar petani semangat dalam bercocok tanam.

“Kami dari Balingtan Pati, berupaya mengajak para petani lainnya, memanfaatkan limbah tani dan ternak untuk dijadikan pupuk organik dapat meningkatkan biaya produksi, mengembalikan kesuburan tanah, dan menjaga kesehatan hasil pertanian tanpa residu kimia,” tulisnya.

Diharapkan, petani bisa lebih bersemangat dalam bercocok tanam seperti jagung dan kedelai yakni dengan cara meningkatkan kwalitas hasil-hasil pertanian dan untuk ketahanan pangan di wilayah Desa Tamansari,” kata Sukarjo.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Tindaklanjut Razia Karaoke, Pemkab Pati Pulangkan 14 Pemandu Karaoke ke Daerah Asal

Pati, Detik Sumsel — Bupati Pati Haryanto bersama Forkopimda, Ketua PCNU Pati dan Ketua FKUB …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *