Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58, Prabumulih Terima Dua Penghargaan Sekaligus dari Kemenkes RI

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Prabumulih, Detiksumsel.com – Menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 58 pada tahun ini dan Percepatan Transformasi Kesehatan di Hotel Discovery Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Pada kesempatan itu, Wawako Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH didampingi Kadinkes, dr Hj Hesti Widyaningsih MKes menerima dua penghargaan sekaligus dari Kemenkes RI.

Berupa, Kota Prabumulih sebagai Kabupaten/Kota terbaik Stop Buang Air Besar atau BAB Sembarangan atau Open Defecation Free) pada Kategori Enabling Environment pada upaya inovasi mempertahankan kondisi SBS dan pengembangan 5 pilar STBM Tahun 2022.

Adapun Lima Pilar STBM yaitu pilar pertama, stop buang air besar sembarangan.

Kedua, cuci tangan air menggunakan sabun. Ketiga, pengolahan air minum aman.

Keempat, pengelolaan sampah rumah tangga dan kelima adalah pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Lalu, Kota Prabumulih sebagai Kabupaten/Kota sanitasi total berbasis masyarakat berkelanjutan pada upaya memobilisasi masyarakat terlibat dalam mempertahankan layanan sanitasi berbasis masyarakat berkelanjutan tahun 2022.

Penghargaan diserahkan Wamenkes dr Dante Saksono Harbuwono SpPD, KEMD PhD dan diterima Wawako Prabumulih H Andriansyah Fikri SH.

“Alhamdulillah, Kota Prabumulih hari ini mendapatkan penghargaan dari Kemenkes RI dan ini menjadi suatu kebanggaan karena Kota Prabumulih sebagai satu-satu nya kota/kabupaten di Sumsel menerima sekaligus 2 penghargaan ini,” ujar suami Hj Reni Indayani ini.

Sementara itu, Kadinkes, dr Hj Hesti Widyaningsih MKes mengatakan, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM merupakan pendekatan mengubah perilaku higiene dan sanitasi, dan Kota Prabumulih dinyatakan telah memenuhi beberapa kriteria STBM.

“Patut kita syukuri, berhasil diraih dua penghargaan sekaligus dari Kemenkes RI. Penghargaan ini, kerja semua pihak terkait,” bebernya.

Ucapnya, penghargaan diraih tersebut jelas akan dipertahankan agar lebih baik lagi ke depannya.

“Atas penghargaan diraih, menjadi komitme kita guna mempertahankannya,” pungkasnya.

Komentar