Pertahankan Kebudayaan Daerah, PT BA Gelar Festival Budaya | Detik Sumsel
BNI"
Pertahankan Kebudyaaan Daerah, PT BA Gelar Festival Budaya
Sekda Lahat, Januarsyah Hambali, didampingi Deputi GM UPTE PT. Bukit Asam Muhammad Taufik, saat membuka Festival Seni Pelajar. Foto Heru/DS

Pertahankan Kebudayaan Daerah, PT BA Gelar Festival Budaya

Lahat, Detik Sumsel — Sebagai salah satu perusahaan pertambangan yang menggali kekayaan alam di Kabupaten Lahat, PT Bukit Asam (PT BA red), ikut terus melestarikan budaya di Bumi Seganti Setungguan. Dimomen rangkaian HUT ke 39, PT BA kembali menggelar Festival Seni Pelajar se Kabupaten Lahat.

Setidaknya dalam festival yang digelar di Gedung Kesenian Lahat tahun ini, diikuti 8 SD, 7 SMP Di Kabupaten Lahat. Dengan 170 peserta lomba lagu daerah, 17 tim tari tradisional, dan 11 tim vokal grup.

“Kami berharap festival ini bisa meningkatkan eksistensi, dan mempertahankan budaya di Kabupaten Lahat. Terima kasih Pemkab Lahat, kami berharap tahun depan bisa kembali menggelar festival ini,” ujar Deputi GM UPTE PT. Bukit Asam, Muhammad Taufik, Rabu (26/2).

Sementara, Sekda Lahat, Januarsyah Hambali menuturkan, festival seni budaya ini, bisa menjadi ajang unjuk kebolehan generasi muda. Apalagi ini sudah jadi tanggung jawab kita sebagai pemegang tongkat estapet, untuk meneruskan budaya ini kepada generasi muda.

“Ini langkah yang bagus agar nilai budaya yang diwariskan dari leluhur, tidak sirna oleh budaya luar yang masuk,” tuturnya.

Lanjut Januarsyah, kegiatan seperti ini mengingatkan dirinya pada zaman Pak Kafrawi Rahim mantan Bupati Lahat, yang dahulu suka menggelar festifal seni budaya daerah. Tujuannya bisa jadi motivasi dalam upaya menggali, melestarikan, dan mengembangkan budaya yang hidup, berkembang dalam kehidupan masyarakat Lahat.

“Untuk kegiatan seperti ini, tentu akan kita dukung. Terus terang PTBA ini sudah banyak berperan untuk masyarajat, dan pemerintah Kabupaten Lahat,” ujar Januarsyah. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Danrem Gapo Ikut Rakor Jumlah Final Operasi PPKM dan Vaksinasi

Palembang, Detik Sumsel — Komandan Korem (Danrem) 044 / Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *