Pertamina Pastikan Ketahanan Pangan Energi Aman di Masa Pandemi | Detik Sumsel
Pemprov

Pertamina Pastikan Ketahanan Pangan Energi Aman di Masa Pandemi

Palembang, Detiksumsel – Pandemi COVID-19 yang masih melanda tanah air hingga kini juga berdampak pada distribusi dan konsumsi produk Pertamina karena kebijakan Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Manager Media & Stakeholder Management Sub Holding Commercial & Trading, Murti Dewi Hani mengatakan hampir semua bisnis terdampak pandemi termasuk Pertamina meski basisnya pada sektor kritikal atau krusial.

Dia mengatakan dampak PPKM belum terlihat terhadap konsumsi BBM dan LPG di lapangan karena biasanya baru akan terlihat akhir bulan bukan berpedoman pada pembelian harian konsumen.

“Secara umum jika PPKM diperpanjang hingga kuartal ketiga tahun ini maka konsumsi BBM dan LPG hingga akhir tahun akan turun sebesar lima persen,” ujarnya saat paparan di sela kegiatan Media Gahtering Virtual Pertamina Palembang, Kamis (15/07).

Meski saat ini Pandemi dan diterapkan PPKM tapi dipastikan ketahanan energi aman karena Pertamina akan memproduksi dan mendistribusikan SPBU juga agen LPG seperti biasa dengan jam operasional normal dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

Sedangkan ,Unit Manager Communication Relation & CSR Unit III Siti Rachmi Indahsari memastikan operasional kilang Pertamina Unit III beroperasi 24 jam non stop tetap namun diatur pola kerja agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kondisi pandemi seperti saat ini sumber crude dari local domestik dan ship to ship kapal namun produksi sudah kita atur sedemikian rupa agar stok tidak terlalu banyak sehingga diatur produksi kilang disesuaikan dengan permintaan MOR II penyesuuan kerja kilang juga diatur sedemikian rupa.

Kemudian optimalisasi produk menyesuaikan karena tidak sama persis dengan kondisi sebelum pandemi. Kilang Pertanian unit III didesian untuk 120 MBSD tapi saat ini produksinya hanya di kisaran 75-85 saja.

“Stok crude untuk produksi aman dan berapa pun kebutuhan masyarakat kita siap produksi karena ketahanan kilang dalam kondisi aman,” ungkapnya.

Sementara itu Unit Manager Communication Relatikn & CSR MOR Umar Ibnu Hasan mengatakan distribusi BBM dan LPG untuk kebutuhan Idul Adha berjalan normal namun tetap dengan prokes ketat.

“BBM dan LPG disalurkan sesuai dengan kebutuhan dan sesuai kuota yang telah ditetapkan pemerintah,” ujar Umar.

Media gathering Pertamina ini juga membahas berbagai capaian yang terlah diraih Pertamina yakni konsistensi Pertamina membangun energi baru terbarukan yang ramah lingkungan dengan terbukti telah diraihnya delapan kali proper hijau. Tahun ini menargetkan membawa pulang proper emas.

Kepedulian Pertamina dengan masyarakat dan lingkungan sekitar juga diwujudkan dengan berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan dengan melibatkan masyarakat di wilayah ring 1 Pertamina Unit III dan MOR II .

Salah satunya dengan mengembangkan kawasan wisata semambu yang memberikan edukasi dan pendampingan ketahan pangan mandiri masyarakat di masa pandemi dengan mengelola bank sampah menjadi sumber pupuk organik untuk perkebunan dan pertanian, budidaya ikan air tawar dan Kelompok masyarakat Semambu.

Acara Media Gahtering Virtual Pertamina Palembang tersebut juga dihadiri Unit Manager Communication Relation CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan, Unit Manager Communication Relation & CSR RU III Siti Rachmi Indahsari, Manager Media & Stakeholder Management Sub Holding Commercial & Trading Murti Dewi Hani, Senior Supervisor Communication Relation Ujang Supriadi, Supervisor CSR & SMEPP Agustina Mandayati,
Pendamping Supervisor HSSE Sigit Irfan Hilmy, CDO IT Izmi Dwi Maharani Poetri dan Erwin. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pacu Ekonomi Lewat Pasar Modal

Palembang, Detik Sumsel- Guna memberikan pemahaman mengenai Pasar Modal yang punya peran penting bagi perekonomian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *