Petani di Lahat Keluhkan Infrastruktur Jalan Menuju Kebun | Detik Sumsel
BNI"
Kondisi jalan nenuju Dusun 5 Desa Talang Tinggi Kecamatan Muara Payang, Lahat, masih berbentuk tanah kuning. Foto Heru/DS

Petani di Lahat Keluhkan Infrastruktur Jalan Menuju Kebun

Lahat, Detik Sumsel — Petani di Dusun 5, Desa Talang Tinggi, Kecamatan Muara Payang, Kabupaten Lahat, kian menjerit. Mahalnya biaya angkut hasil tani, ditambah hasil panen yang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Membuat petani diwilayah itu, mulai garuk-garuk kepala.

Hal ini dikarenakan akses jalan menuju ke lokasi pertanian, sulit ditempuh. Jalan sepanjang 4 kilometer dengan jarak tempuh 30 menit dengan kendaraan roda dua, dan satu 1 jam jika berjalan kaki ini, masih berbentuk tanah kuning. Alhasil pedagang dari luar desa, tidak sanggup untuk masuk ke lokasi pertanian.

“Iya kalau jalan kering, walupun bisa lebih cepat tapi tetap menyengsarakan. Nah kalau hujan, pikir ulang mau keluar masuk ke kebun walupun dibayar lebih mahal,” ungkap Rolan, petani sayur setempat, Selasa (2/10).

Sebenarnya, pembangunan infrastruktur jalan di kawasan perkebunan ini sudah sempat dilakukan. Hanya saja sudah lima tahun terakhir terhenti, jalan yang pernah diaspal juga sebatas di jalan persawahan warga desa saja. Jika akses jalan tersebut dibangun, jalan menuju lokasi pertanian ditaksir hanya cukup 15 menit saja dari desa.

“Kami petani disini tidak butuh jalan tol, cukup aspal jalan pertanian kami saja. Sehingga harga komoditi produk pertanian kami seperti kopi dan sayur, dapat terus stabil,” ungkap Siswan, juga petani setempat. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

1700 Anak Di OKU Dapat Makanan Tambahan Sehat

Baturaja, Detik Sumsel – Sebanyak 1700 anak-anak PAUD menerima makanan tambahan sehat dalam kegiatan pemberian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *