Pilkades Serentak di Lahat Segera Digelar | Detik Sumsel
Pemprov
Komisi I DPRD Lahat rapat bersama Ditjen Bina Pemerintahan Desa, foto istimewa.

Pilkades Serentak di Lahat Segera Digelar

Lahat, Detik Sumsel – Wakil Ketua I DPRD Lahat, Gaharu SE bersama Komisi I DPRD Lahat, Sabtu (11/9) berkonsultasi langsung ke Kemendagri, Ditjen Bina Pemerintahan Desa, membahas terkait pelaksanaan Pilkades Serentak Desember tahun ini.

Nizarudin, selaku Ketua Komisi I DPRD Lahat mengatakan, Kabupaten Lahat telah memenuhi sarat untuk Pilkades Serentak di tahun ini. Jika ingin dilaksanakan dipinta segera melakukan tahapan-tahapannya, mengingat waktu yang sudah tidak panjang, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Untuk Lahat sebenarnya sudah tidak ada lagi hambatan, pendanaan juga sudah siap. Kalaupun terhambat berarti pihak eksekutif yang melakukan hambatan,” tegas Nizarudin, Minggu (12/9).

Sementara, sesuai Surat Nomor 140/725/PMDN/2021 yang berisi perihal Pelaksanaan Persiapan Tahapan Pilkades. Dimana seluruh Camat di Kabupaten Lahat untuk membentuk panitia Kecamatan atau tim monitoring Kecamatan Pilkades secara serentak.

Susunan kepanitian tersebut yang terdiri dari Ketua (satu orang), Sekretaris (satu orang), tim keamanan (dua orang) dan Unsur Gugus Tugas Covid-19 (tiga orang). Termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD) juga segera membentuk panitia Pilkades yang terdiri Perangkat Desa, Unsur Lembaga Permasyarakatan Desa dan tokoh masyarakat, diantaranya, Ketua, sekretaris dan bendahara merangkap anggota serta anggota 4 orang dari unsur gugus tugas Covid-19.

“Terkait Pilkades Serentak ini sudah kita persiapkan, tetap melaksanakan Pilkades Serentak tahun ini. Kita juga tidak ingin jika Pilkades Serentak ini diundur, kasihan dengan desa sendiri, selain itu banyak ASN jdi Pj Kades, sedangkan kita kekurangan banyak ASN,” ujar Bupati Lahat, Cik Ujang SH beberapa waktu lalu.

Bupati Lahat menambahkan, mengenai teknis Pilkades Serentak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa bersama Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19, akan membahasnya dengan lebih matang, mengingat saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19.

“Persiapan Pilkades Serentak harus segera dilaksanakan, namun tetap mengikuti protokol kesehatan,” sampai Bupati Lahat. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Keluarga Peserta Test CPNS Bisa Saksikan Score Test via Streaming Youtube 

Baturaja, Detik Sumsel – BKPSDM OKU menyiapkan link streaming youtube khusus yang diperuntukan bagi masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *