Pipa Pertamina Adera di Desa Benuang Meledak, Ciderai Tiga Orang | Detik Sumsel
BNI"
Pantauan di lokasi ledakan pipa milik PT Pertamina Adera Itu, terletak di kebun milik Swandi tumpang sari, ratusan batang karet dan nanas terbakar dan layu akibat semburan api.

Pipa Pertamina Adera di Desa Benuang Meledak, Ciderai Tiga Orang

PALI, Detik Sumsel- Adanya ledakan pipa PT Pertamina Asset 2 Adera Field di Dusun lV, Desa Benuang, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akhir pekan lalu membuat warga sekitar masih trauma dan berhati-hati atas kejadian yang mengemparkan itu. Atas kejadian itu tiga warga mengalami mengalam luka bakar terkena ledakan pipa bocor.

Pantauan di lokasi ledakan pipa milik PT Pertamina Adera Itu, terletak di kebun milik Swandi tumpang sari, ratusan batang karet dan nanas terbakar dan layu akibat semburan api.

Di sekeliling lokasi terdapat, sudah diberi garis pipa berukuran sekitar 3 inc masi terkapar di atas tanah tanpa dan tanam maupun di polister.

Devi saksi mata di lokasi mengatakan kebakaran itu sangat mencekam terjadi Kamis (11/3) malam. Api langsung melambung besar sampai di atas pohon balam.

“Yang sikoknyo lagi ngidup mesin air, sikoknyo lagi main hp, nah yang sikok lagi sambil teleponan bejalan dan menghidupkan korek untuk merokok, Tau tau ada ledakan dua kali jam setengah 8 malam,” kata Devi ketika dibincangi sejumlah awak media lokasi kejadian yang berdekatan dengan warung miliknya, Senin petang (15/3).

Warung Devi yang berjarak sekitar 6 meter dari lokasi kejadian, mengakui sebelum kejadian memang ada banyak minyak berwarna hitam pekat kental tergenang di belakang warungnya dan bau gas sangat menyengat. Dia pun tidak tahu kalau genangan minyak kondesat berasal dari pipa bocor yang mengancam keselamatan dirinya maupun pelanggan.

“Ledakan apinyo langsung ke pucuk batang balam, memang sebelum kejadian 2 hari dan 3 hari lalu ado genangan minyak, sampai ke warung katonyo kondensat, pondok aku yang sikok terbakar, Ado tigo warga yang terbakar, sikok ponakan aku Nadi keno luka bakar, tapi tidak di rawat RS, sikok lagi mamat sopir serap tapi tinggal di sini kaki luka bakar parah dan sikok lagi yang parah luka bakar seluruh tubuh Rizal, dibawah Rumah sakit Pendopo, langsung ditolak karena dak sanggup sekarang masih di rawat Rumah Sakit Sekayu,” papar ibu itu, yang sangat polos.

Dia juga mengakui adanya pihak PT Pertamina Asset 2 Adera Field yang mendatang lokasi dan memadamkan api itu lalu mengecek lokasi.

“Kata wong dari Pertamina ada pipa yang bocor, minyak kondesat,” jelas Devi.

Sementara itu, Legal Relation (LR) PT Pertamina Asset 2 Adera Field. Erwin ketika hendak dikonfirmasi terkait ledakan pipa itu, yang bersangkutan sedang melakukan sertifikasi dan diarahkan ke petugas LR.

“Maaf saya masih sertifikasi tolong koordinasi dulu dengan mbak Rista,” singkat Erwin.

Ketika dihubungi staf LR, Rista melalui sambungan via handphone tidak banyak mau komentar lebih jauh, karena keterbatasan kewenangan.

“Saya lagi di jalan dan di luar, belum bisa komentar, nanti ada rilisnya dari manajemen,” jelas Rista melalui via hanphone. (Ari)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Unsri Minta Perkara Yudisium tak Dikaitkan dengan Dugaan Pelecehan Seksual

Indralaya, Detik Sumsel- Pihak rektorat Universitas Sriwijaya (Unsri) akhirnya buka suara terkait salah seorang mahasiswi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *