Pj Bupati Irup Penaikan dan Pj Sekda Penurunan | Detik Sumsel
Pemprov
Upacara kali ini dilaksanakan di halaman Pemkab Muara Enim, Selasa (17/08) dengan Inspektur upacara (Irup) kenaikan bendera pada detik-detik proklamasi ke-76 ini Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar sedangkan Irup penurunan bendera di sore harinya Pj Sekda Muara Enim Emran Tabrani.

Pj Bupati Irup Penaikan dan Pj Sekda Penurunan

Muaraenim, Detik Sumsel- Upacara hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 di kabupaten Muara Enim berjalan dengan khidmat dan lancar meskipun di masa pandemi Covid 19.

Upacara kali ini dilaksanakan di halaman Pemkab Muara Enim, Selasa (17/08) dengan Inspektur upacara (Irup) kenaikan bendera pada detik-detik proklamasi ke-76 ini Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar sedangkan Irup penurunan bendera di sore harinya Pj Sekda Muara Enim Emran Tabrani.

Disampaikan, Pj Bupati Muara Enim bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia jelas tercantum pada alinea ketiga UUD 1945.

“Kemerdekaan bangsa Indonesia jelas tertuang di alinea ketiga Undang-Undang Dasar 1946 dengan bunyi “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya,”tegasnya.

Ditambahkannya dari pembukaan UUD 1945 tersebut sangat jelas disampaikan bahwa bangsa dan negara Republik Indonesia merdeka atas rahmat dan kuasa-Nya.

“Para pendiri bangsa paham betul bahwa mereka tak akan mampu apa-apa tanpa Allah S.W.T., Tuhan Yang Maha Esa. Maka suatu kekeliruan jika agama dipinggirkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Justru sebaliknya, mari kita berbangsa dan bernegara dengan berlandaskan nilai-nilai agama,”tambahnya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa bangsa Indonesia jelas merupakan bangsa yang religius karena didalam UUD 1946 tersebut tercantum nama tuhan yang maha esa.

“Insyallah kita adalah bangsa yang religius, dan sebuah negara yang mensyukuri nikmat dari-Nya. Selamat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76. Dirgahayu Indonesiaku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Kita Wujudkan Muara Enim Merakyat dan Sumsel Maju untuk Semua,”tegasnya.

Dikesempatan ini juga, Pj Sekda Muara Enim Emran Tabrani mengajak seluruh lapisan masyarakah untuk lebih bermuhasabah diri (intropeksi diri) dengan masihnya pandemi Covid 19 ini.

“HUT Kemerdekaan RI ke-76 yang bertemakan “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”,. Maka itu dari tema ini dapat kita simpulkan agar kita semua dapat bekerjasama antar elemen masyarakat agar pandemi ini dapat segera betakhir. Maka itu kami mengajak, marilah kita bermuhasabah diri,”ajaknya seusai upacara penurunan bendera.

Ditambahkan Pj Sekda dengan keterpaduan, kerjasama yang baik serta kebersamaan, harapan dan cita-cita yang selama ini diinginkan dinilai akan segera tercapai.

“Tentu, untuk mewujudkan itu diperlukan kerjasama, oleh karenanya pada kesempatan yang baik ini kami mengajak seluruh lapisan masyarakat, seluruh pemangku kepentingan, untuk bersama sama saling bahu-membahu, gandeng tangan dalam satu barisan dan gerbong yang sama untuk mewujudkannya,” ujarnya.

Masih kata Emran, Covid 19 masih menjadi persoalan untuk bersama diatasi, dengan cara tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) dalam kegiatan sehari- hari baik dalam ruangan maupun diluar ruaangan.

“Kita saat ini masih dihantui oleh Pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan berakhirnya, oleh karena itu kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus mengedepankan Protokol Kesehatan didalam beraktifitas. Karena dengan Protokol Kesehatan, dapat menekan lajunya penyebaran Covid 19,”pungkasnya.

Pimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI, Pj. Bupati Serahkan Santunan Dana Kehormatan Bagi Veteran dan Janda Veteran

Terpantau dalam pelaksanaan upacara pengibaran Bendera Sang Merah Putih dalam rangka peringatan HUT RI ke-76, Upacara yang dimulai pukul 07.00 WIB ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki beserta unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Pj. Sekretaris Daerah dan para kepala dinas/intansi Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Adapun petugas pada upacara pengibaran yaitu Komandan Upacara, Mayor. Inf. Zeri Mandani dari Rindam II Sriwijaya, Perwira Upacara, Kapten. Arm. Broto Santoso dari Kodim 0404 Muara Enin, Ajudan Inspektur Upacara, Kasubag Dokumentasi Pimpinan Setda Muara Enim, Doni Faisal, Petugas pengibar bendera yaitu M. Al-Hadi Rivan dari SMK Bina Mulya Tanjung Enim, Muhammad Tegar Ramadhan dari SMAN 1 Muara Enim, Radja Nathanael Sembiring dari SMAN 1 Muara Enim sedangkan pembawa baki yaitu Desinta Putri Maharani dari SMAN 2 Muara Enim.

Sementara pada upacara penurunan bendera bertindak sebagai pembawa bendera, Lurya Mentari dari SMK Bukit Asam, Petugas penurun bendera, Kemas M. Arif Rahman dari SMA PGRI Gelumbang, Rendy Defka Pratama dari SMA Bukit Asam, Radifan Syuqran dari SMA N 1 Muara Enim. Komandan Upacara AKP Rahmad Aji Prabowo Kasat Narkoba Muara Enim, Ajudan Inspektur Upacara, M. Arief Budiman Staf Protokol Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Muara Enim.

Seusai upacara Pj Bupati dan Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Renny Devi Nasrun Umar juga memberikan santunan dana kehormatan kepada veteran dan janda veteran Kabupaten Muara Enim. Pj. Bupati menyampaikan bahwa hal inj merupakan wujud syukur dan terimakasih kepada para pejuang kemerdekaan atas pengorbanan dan perjuangan meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia.(ang)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Komit Cegah Covid 19, PT TeL PP Adakan Vaksinasi Tahap 2

MUARA ENIM, Detik Sumsel — Sebagai komitmen yang kuat terhadap pencegahan dan penyebaran Covid 19, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *