PLN Batalkan Program Kompor Listrik, Ini Alasannya

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Jakarta, Detiksumsel.com — PT PLN (Persero) membatalkan program konversi kompor elpiji ke kompor listrik, hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama PLN pada siaran pers, Selasa (27/9/2022).

Pembatalan program ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“PLN memutuskan program pengalihan ke kompor listrik dibatalkan. PLN hadir untuk memberikan kenyamanan di tengah masyarakat melalui penyediaan listrik yang andal,” ujar Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Darmawan menjelaskan bahwa tarif listrik dipastikan tidak ada kenaikan, karena penetapan tarif listrik ini telah diputuskan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Tidak ada kenaikan tarif listrik. Ini untuk menjaga peningkatan daya beli masyarakat dan menjaga stabilitas ekonomi,” ucap Darmawan.

Selain itu, PLN juga memastikan tidak ada penghapusan golongan pelanggan dengan daya listrik 450 Volt Ampere (VA). Daya listrik 450 VA juga tidak akan dialihkan menjadi 900 VA sehingga tarifnya tetap sama untuk masing-masing golongan.

Dilain pihak, melansir dari cnnindonesia.com, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai alasan PLN membatalkan rencana konversi kompor listrik karena mendapat banyak kritik dari berbagai pihak. (delta)

Komentar