Pokdarwis Manfaatkan Sungai Selangis Jadi Wisata Fun Rafting dan Tubing | Detik Sumsel
Detik
Wisata Rafting dan Tubing di kawasan Desa Talang Sawah Kecamatan Dempo Tengah yang dikelola oleh Pokdarwis

Pokdarwis Manfaatkan Sungai Selangis Jadi Wisata Fun Rafting dan Tubing

Pagaralam, Detik Sumsel- Jika selama ini Sungai Selangis Kecik dikawasan Desa Talang Sawah Kecamatan Dempo Tengah hanya digunakan untuk mengairi sawah saja. Saat ini para pemuda sekitar mulai menjadikan sungai tersebut menjadi lokasi wisata air Arung Jeram.

seperi yang di lakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Selangis Maju Bersama (Selama) Desa Talang Sawah Kecamatan Dempo Tengah mulai menggali potensi Sungai Selangis Kecik yang berada di desa tersebut untuk menjadi salah satu wahana wisata di Kota Pagaralam.

Kondisi air sungai yang tidak begitu deras dan besar membuat sungai ini cocok dijadikan lokasi arung jeram untuk keluarga. Pasalnya tingkat kesulitan sungai ini berada diposisi medium.

Bahkan selian untuk fun Arung Jeram sungai ini juga bisa dijadikan untuk wahana Tubing bagi wisatawan.

Dian Saputra salah seorang anggota Pokdarwis Selama mengatakan, Pagaralam memiliki banyak sungai dengan tingkat kesukitan beragam untuk Rafting atau Arum Jeram.

“Jika selama ini hanya Sungai Lematang dan Selangis Besak yang menjadi lokasi Arum Jeram dengan tingkat kesulitan tinggi dan hanya dipakai untuk para atlit,” ujarnya. Kamis (6/1)

Kali ini Pokdarwis Selama menjadikan Sungai Selangis Kecik ini menjadi lokasi Fun Rafting bagi para wisatawan yang ingin merasakan wisata air Arung Jeram.

“Disini sungainya tidak terlalu deras dan cocok untuk arung jeram keluarga. Jadi wisatawan bisa mengajak anak-anak untuk ikut bermain Rafting,” katanya.

Dijelaskan Dian, untuk bisa bermain Rafting di Sungai Selangis Kecik ini Pokdarwis Selama memungut biaya Rp100.000 perorang dengan fasilitas snack dan makan siang.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam Brilian Aristopani mengatakan, kesadaran masyarakat membaca peluang wisata di Pagaralam saat ini mulai banyak. Hal ini sangat didukung oleh Pemerintah.

“Ini akan membuat geliat wisata di Pagaralam semakin baik dengan banyaknya wahana permainan atau sport tourism yang dibuat oleh masyarakat Pagaralam secara mandiri,” ungkapnya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tampil Perdana di Luar Sumsel, Ovi Mawardi Juara III Kejuaraan Offroad

Indralaya, Detik Sumsel– Tampil perdana di luar Sumatera Selatan, Ahmad Wazir (AW) Noviadi offroader Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *