Polres Lahat Temukan Ladang Ganja 1,5 Hektar di Tanjung Sakti | Detik Sumsel
Pemprov
Kapolres Lahat, Achmad Gusti Hartono SIK saat mengamankan ganja tanaman warga, Foto Istimewa. 

Polres Lahat Temukan Ladang Ganja 1,5 Hektar di Tanjung Sakti

Lahat, Detik Sumsel – Masyarakat di kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, Selasa (6/9) digegerkan dengan adanya penggerbekan oleh Satres Narkoba Polres Lahat. Pasalnya tanpa diketahui warga, ternyata ada ladang ganja menjulang setinggi 1,5 meter yang tumbuh subur di area perkebunan warga di Desa Muara Cawang, Kecamatan Tanjung Sakti Pumu.

Informasi yang berhasil dihimpun, ladang ganja tersebut berada di perkebunan kopi warga. Lokasinya cukup jauh dari desa terdekat, jika berjalan kaki dibutuhkan waktu hingga lebih dari 3 jam. Medan jalan yang ditempuh juga sangat jelek, masih penuh kubangan lumpur.

“Ada 57 batang dan 2 kg ganja kering siap jual, 2 bungkus biji ganja,” terang Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, disampaikan Kasubsi Penmas, Aiptu Liespono SH, Selasa (9/9).

Ladang ganja yang ditemukan diperkirakan luasnya sekitar 1,5 hektar. Untuk mengelabuhi petugas, pelaku menyamarkan tanaman dengan nama latin Cannabis Sativa ini di bawah tanaman kopi. Bahkan untuk memastikan kondisi, Kapolres Lahat turun langsung ke lokasi, ikut mengamankan barang bukti yang ditemukan.

“Pelaku atas nama Riko Rimansin, saat ini tersangka dalam percarian polisi,” ujar Liespono.

Sementara, menurut keterangan Pjs Kepala Desa Muara Cawang, Museriadi, area perkebunan yang jadi ladang tanaman ganja tersebut diduga milik R, aslinya dari Desa Sindang Panjang Kecamatan Tanjung Sakti Pumi. Dirinya bersama warga tidak mengetahui bahwa ada warga yang menanam ganja tersebut, karena jarak tempuh ke lokasi cukup jauh, jadi sulit diakses warga.

“Aslinya Desa Sindang Panjang tapi menikah dengan warga kita (Desa Muara Cawang). Orangnya memang jarang muncul terlihat di desa,” beber Museriadi. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Hidupkan Sunnah Memanah, Pesantren Tahfizh Kiai Marogan Gelar Archery Tournament

Palembang, Detik Sumsel — Pesantren Tahfidz Kiai Marogan menggelar Marogan Archery Tournament Sumatera Open Ground …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *