Polres OKU Tembak Mati Pelaku Curas

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Baturaja, Detik Sumsel – Tim Resmob Singa Ogan Sat Reskrim Polres Ogan Komering Ulu terpaksa menindak tegas Edi Susanto (32) seorang DPO sekaligus residivis kambuhan karena membahayakan dengan menebaki petugas saat hendak diamankan di salah satu rumah di Desa Batukuning Kecamatan Baturaja Barat. Minggu malam (4/7)

Akibatnya pria yang tercatat sebagai warga dusun IV Desa Banuayu Kecamatan Lubuk Batang ini tewas setelah sempat dibawa kerumah sakit untuk di berikan pertolongan.

Kapolres OKU AKBP Arif Ritonga, melalui Kasatreskrim Polres OKU AKP Priyatno mengungkapkan, Edi Susanto merupakan Salah satu DPO yang memang menjadi target bagi polres OKU. Pasalnya, tersangka memang terkenal meresahkan dengan berbagai tindak pidana kejahatan yang telah di lakukan nya di bumi sebimbing sekundang.

“Dari laporan yang kita kumpulkan, sudah 6 kasus 363 dan 351 KUHP yang di lakoni tersangka ini . ini dimulai pada tahun 2017 silam di antaranya 2 kasus di wilayah Polsek lubuk batang, 2 kasus di Polsek Baturaja Timur serta 2 laporan ke polres OKU,” Ungkap Priyatno.

Dikatakan Priyatno, Untuk kasus yang di lakukan tersangka pada tahun 2017, tersangka berhasil menggasak uang tunai sebesar 250.000.000,- dengan tindak kejahatan pecah kaca (363 KUHP) dengan TKP Kelurahan Air Gading kecamatan Baturaja Barat. Lalu Pada Tahun yang sama, tersangka juga melakukan Tindak pidana Penganiayaan (351 KUHP) dengan modus melakukan penusukan sejumlah 9 tusukan di TKP Desa Banuayu Kecamatan Lubuk Batang Kab. OKU.

Baca Juga :   Peringati Hari Adhyaksa, Kejari OKU Beberkan Capaian Kerja

“Itu baru di tahun 2017. kemudian Pada bulan Agustus Tahun 2020 tersangka melakukan pencurian (363 KUHP) dengan modus membongkar rumah dan mengambil 1 (satu) unit HP Merk Vivo TKP kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur Kab. OKU, lalu Pada bulan Desember Tahun 2020 melakukan tindak pidana Pencurian dengan Pemberatan (363 KUHP) dengan modus pecah kaca dan gembos ban dengan TKP di kelurahan Sukaraya tak jauh dari SMA Sentosa Bhakti Kecamatan Baturaja Timur Kab. OKU dengan kerugian korban sebesar 115.000.000,-,” Kata AKP Priyatno.

Bukan itu saja, di lanjutkan Kasatreskrim Pada bulan April Tahun 2021 tersangka juga melakukan tindak pidana Penganiayaan (351KUHP) dengan modus penusukan yang mengakibatkan korban luka-luka pada organ vital paru-paru dengan TKP Desa Banuayu Kecamatan Lubuk Batang Kab. OKU. Hal inilah yang menjadikan Tersangka Edi Susanto menjadi DPO polres OKU.

Baca Juga :   Terbukanya Jaringan Lahat Ke Bukit Asam Penyebab Padamnya Listrik di Tiga Provinsi

“Dari hasil penyelidikan yang cukup panjang, Anggota Resmob mendapat petunjuk keberadaan tersangka. Namun sayang saat akan di tangkap, tersangka berusaha kabur dan melakukan perlawanan dengan melepaskan tembakan ke arah petugas. Akibatnya, untuk melindungi diri, petugas melakukan tembakan balik dan berhasil melumpuhkan tersangka,” Lanjutnya.

Tersangka kemudian di bawa kerumah sakit Umum Baturaja untuk mendapatkan pertolongan medis. sayangnya, saat di rumah sakit nyawa tersangka tak tertolong hingga tersangka meninggal saat di rumah sakit.

“Nyawa tersangka tak tertolong meski telah di bawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. dalam kasus ini anggota berhasil mengamankan barang bukti 1 pucuk Senjata Api Rakitan jenis Revolver warna silver, 2 butir peluru, 2 selongsong peluru di dalam silinder Senjata api rakitan, 1 unit HP. kita juga telah mengumpulkan barang hukti tambahan seperti Sebilah pisau,” pungkasnya.(fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Komentar