Populasi Kerbau Rawa di Sumsel Terancam

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Area swamp buffalo center yang saat ini mulai digencarkan fasilitasnya untuk meningkatkan populasi kerbau rawa di Sumsel.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru juga yakin akan mampu mengembangkan potensi kerbau rawa di Sumsel secara maksimal. Dengan pengelolaan yang baik dan pengalaman yang mumpuni, dia yakin Sumsel dapat mandiri memenuhi kebutuhan daging tanpa ekspor dari daerah luar.

“Masyarakat Sumsel ini sangat berperhatian terhadap perkembangan ternak khususnya sapi dan kerbau rawa. Saya sendiri juga merupakan salah satu pelaku peternak dan penjual daging,  pengalaman itu nyata,” katanya.

Dikatakannya, kerbau rawa merupakan hewan ternak yang memiliki potensi yang luar biasa. Selain dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat juga dapat menjaga alam dengan sangat baik. Karena itu, dia menyambut baik jika kerbau rawa serius dikembangkan di Sumsel.

“Pasalnya kerbau rawa memiliki potensi susu yang luar biasa,” ujarnya.

Sebagai orang yang cukup berpengalaman sebagai pelaku peternak, faktor manusia diakuinya mempunyai peran lebih dari 30 Persen terhadap keberhasilan pengembangan barulah faktor berikutnya adalah pendanaan. (tet)

Komentar