Pramuka UIN Palembang Gelar Karya Bakti Pramuka se-Indonesia | Detik Sumsel
Pemprov

Pramuka UIN Palembang Gelar Karya Bakti Pramuka se-Indonesia

Palembang, Detik Sumsel – Dalam rangka mengimplementasikan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat, dan salah satu Dasa Karya Pramuka yang baru dicanangkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yaitu berkegiatan bersama masyarakat, tahun ini UKMK Pramuka UIN Raden Fatah Palembang akan menggelar kegiatan Karya Bakti Pramuka XXII bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Se-Indonesia pada bulan Juli-Agustus mendatang bertempat di Desa Spantan Jaya Kecamatan Penukal Kabupaten PALI yang dibuka pada tanggal 27 Juli s.d. 04 Agustus 2019.

”Kegiatan ini juga sejatinya merupakan program rutin Gugus Depan UIN Raden Fatah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat bagi anggota Pramuka UIN Palembang, namun untuk tahun 2019 ini akan melibatkan peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi Agama Islam se-Indonesia dan utusan dari PTN/PTS se-Indonesia” Ujar Fajar Kamizi, S.H.I selaku Pembina Golongan Pandega UIN Palembang.

Dijelaskan Fajar, kegiatan ini pula menggunakan pola yang berbeda dari kegiatan-kegiatan yang pernah dilaksanakan oleh Pramuka, dimana nantinya pada kegiatan ini peserta akan kita tempatkan dirumah-rumah penduduk dengan sistem random.

“Artinya dari masing-masing perutusan akan kita sebar sedemikian rupa hingga kita berharap terjadinya pembauran yang harmonis antara peserta dan masyarakat” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Denni Kurnia mengatakan bahwa pada saat pelaksanaannya, akan ada berbagai kegiatan bakti yang akan dilaksanakan, yaitu Bakti fisik, bakti non fisik dan kegiatan penunjang.

“Bakti fisik diantaranya adalah pembuatan Tugu Kampung Pramuka, Pembuatan kaligrafi Masjid, Khitanan massal dan berbagai kegiatan lainnya. Adapun kegiatan bakti non fisik diantaranya Sosialisasi dan Penyuluhan kesehatan, pertanian, pelatihan penyelenggaraan jenazah, pelatihan khatib dll. Sedangkan kegiatan penunjang diantaranya adalah kegiatan Paket Wisata, Festival Kuliner Nusantara, Gelar seni Nusantara dll” ujar Denni.

Denni juga berharap penyelenggaraan KARTIKA XXII ini mendapat sambutan positif dari Pemerintah Daerah, baik provinsi maupun kabupaten PALI, mengingat direncanakan yang akan amembuka kegiatan tersebut adalah Bapak Menteri Agama RI.

Adapun pendaftaran peserta sudah dibuka sejak tanggal 25 April kemarin s.d. 15 Juli 2019 mendatang dengan cara mendatangi langsung stand pendaftarannya di Sanggar bakti Pramuka UIN Palembang yang berada di gedung Student Center UIN Raden Fatah Palembang, atau bisa melalui media sosial seperti Facebook dan Instagran Pramuka UIN Palembang.

“Jadi, bagi rekan-rekan Pramuka Penegak dan Pandega se-Indonesia yang sekarang mau mendaftar, Kami persilahkan! Mengingat kuota terbatas di 500 orang peserta. Jangan sampai ketinggalan ya..!!” Pungkas Denni. (fir)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pupuk Tanpa Izin Edar Asal Padang Masuk ke Sumsel

Palembang, Detik Sumsel — Subdit I Tipid Indagsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel menggagalkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *