Prediksi BMKG Karhutla di Lahat Bisa Terjadi di Musim Kemarau | Detik Sumsel
Pemprov
Tim gabungan memadamkan api kebakaran lahan perkebunan, foto istimewa.

Prediksi BMKG Karhutla di Lahat Bisa Terjadi di Musim Kemarau

Lahat, Detik Sumsel – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat menyebut berdasarkan prediksi BMKG puncak kemarau berlangsung bulan Agustus 2021. Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) berpotensi bisa terjadi di Kabupaten Lahat, sehingga masyarakat diminta untuk waspada dan meningkatkan kesadaran.

Kepala BPBD Kabupaten Lahat, Drs H Ali Afandi MPdi melalu Kabid Kedaruratan dan Logistik, Ananta ST MT didampingi didampingi Kasi Tanggap Darurat
Feri Andrian mengatakan, Karhutla terjadi paling banyak pada tahun 2019 atau sekitar 74 kejadian di 11 Kecamatan di Kabupaten Lahat.

“Ya 2019 banyak kejadian Karhutla, sedangkan tahun 2020 Karhutla terbilang sedikit namun banyak bencana tanah longsor dan banjir,”ujarnya, Rabu (4/8).

Dari sekian banyak kejadian pada tahun 2019, meskipun tidak ada korban jiwa di Kecamatan Lahat paling banyak terjadi Karhutla, sisanya terjadi di Kecamatan Lahat Selatan, Pulau Pinang, Merapi Timur, Gumay Talang, Tanjung Tebat, Gumay Ulu, Kikim Timur, Pseksu dan Pagar Gunung.

Sementara, Kabid Pencegahan dan Kesiapan Gebby Angraeny ST MT meminta kesadaran dari masyarakat harus ditingkatkan. Jangan membakar lahan perkebunan apalagi yang mau buka kebun.

“Meningkatkan kewaspadaan diri masing-masing, masyarakat harus sadar dan hati hati, apalagi jika mau meninggalkan rumah harus benar-benar yakin apa yang bisa menimbulkan percikan api dipastikan benar benar mati seperri kompor, listrik dan lainnya, “sampainya.(heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Hafal 30 Juz, Al Qur’an, Pemuda OKI Diganjar Apresiasi 

Kayuagung, Detik Sumsel-Bertepatan dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2021, Wakil Bupati (Wabup) Ogan Komering Ilir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *