Prestasi Lahat di Porprov Anjlok, Barefi Sebut Itu Sudah Maksimal | Detik Sumsel
Detik
Ketua KONI Lahat, Kalsum Barefi, foto istimewa.

Prestasi Lahat di Porprov Anjlok, Barefi Sebut Itu Sudah Maksimal

Lahat, Detik Sumsel – Euforia pergelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di Oku Raya, resmi berakhir. Sejumlah dibalik senyum para pemenang, kekecewaan rupanya juga dirasa oleh sejumlah atlet dan masyarakat Kabupaten Lahat.

Pasalnya terget prestasi yang diberikan Bupati Lahat, Cik Ujang SH, tidak mampu dipenuhi oleh Ketua KONI Lahat, Kalsum Barefi. Yang ada prestasi Kabupaten Lahat turun anjlok di ajak bergengsi dua tahunan ini.

Pada era sebelumnya di tahun 2019, Porprov di Prabumulih, Kabupaten Lahat berhasil tampil menjanjikan, mendapatkan prestasi peringkat ke 4, dengan Raihan 31 emas, 31 perak dan 37 perunggu. Namun pada tahun ini pretasi yang didapat jauh merosot ke peringkat 8, dengan torehan 26 emas, 34 perak dan 55 perunggu.

“Sayang sekali, padahal atlet asal Lahat ini banyak yang berprestasi. Mungkin karena Ketua KONI tidak terlalu jor-joran berkorban agar atlet berlatih. Apalagi ada atlet asal Lahat yang tidak dipilih mala mendukung kabupaten lain,” kata Edi, warga Kota Lahat, Senin (29/11).

Menurut Edi, perolehan prestasi ini jelas menjadi cambukan bagi KONI Lahat, apalagi pada tahun 2023 mendatang Kabupaten Lahat akan menjadi tuan rumah Porprov Sumsel. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, pada ajang bergengsi itu nanti, Lahat akan dipermalukan lagi oleh kabupaten/kota yang dahulu pernah ditaklukkan oleh Kabupaten Lahat.

“Semoga kedepan bisa lebih maksimal, apalagi kita jadi tuan rumah, setidaknya masuk tiga besar,” ujar Edi.

Sementara, Kalsum Barefi menuturkan, terkait perolehan medali jika dibanding sebelumnya, perolehan anak-anak dinilai sudah maksimal. Kondisi turunnya perolehan selain karena latihan kurang intensif akibat pandemi, juga karena atlet lama sudah banyak yang tidak ikut berlaga akibat usia.

“Evaluasi tetap dilakukan, terutama pengurus cabor, agar lebih meningkatkan prestasi anak,” tutur Kalsum Barefi. Menurutnya, untuk regenerasi atlet ini baru ini sudah dinilai berhasil, kedepan akan lebih ditingkatkan. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pengurus ICMI OKI Dilantik, Ini Harapan Wabup Shodiq dan Ketua ICMI Sumsel

Kayuagung, Detik Sumsel – Muhammad Refly, S.Sos., MM., dan pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *