Prof. Nyayu Khodijah: Akreditasi LPH UIN RAFA Akan Perkuat Perekonomian UKM di Sumatera Selatan | Detik Sumsel
Detik
Pemprov

Prof. Nyayu Khodijah: Akreditasi LPH UIN RAFA Akan Perkuat Perekonomian UKM di Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel — Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang divitasi yang ketiga kali oleh Badan Standardisasi Produk Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrian Agama Republik Indonesia.

Proses divitasi tersebut dilakukan di Lantai II Ruang Rapat Rektorat Kampus Jakabarin UIN Raden Fatah. Selain itu, dalam waktu bersamaa juga dilakukan Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 PP 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal. Rabu, (2/6/2021).

Rektor UIN Raden Fatah, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag. M.Si menyampaikan dengan dukungan sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dimiliki LPH UIN Raden Fatah beryakinan lembaganya mendapatkan akreditasi dari BPJPH Kementerian Agama RI.

Prof. Nyayu melanjutkan, jika LPH UIN Raden Fatah sudah terakreditas akan menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera Selatan yang mempunyai kewenangan melakukan proses audit halal dan mengeluarkan sertifikasi halal nantinya.

“LPH UIN Raden Fatah dengan mendapatkan akreditasi nantinya akan bisa berkiprah membantu perekonomian pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Sumatera Selatan dalam pendampingan dan mensertifikasi seluruh produksi pemilik UKM,” ungkap  Prof. Nyayu.

Sementara itu, Ketua LPH UIN Raden Fatah Dr. Irham Falahudin, M.Si dihadapan Ketua Tim Koordinator BPJPH Kemenag RI, Ariyadi, S.Ag. menjelaskan bahwa LPH UIN Raden Fatah telah memiliki empat orang  auditor dan dua orang penyelia halal, dengan dukungan peralatan laboratorium yang modern dan terstandardisasi untuk melakukan pemeriksaan produk halal.

Dikesempatan itu juga, Ketua Satgas Halal Kanwil Kemenag Sumsel, Drs. Yauza Efendi, M.M menyebutkan saat ini banyak UKM yang menunggu untuk dilakukan pendampingan dan pemeriksaan halal oleh LPH

“Namun LPH yang ada saat ini sangat  terbatas. Karena itu,  saya  sangat mendukung apabila LPH UIN Raden Fatah Palembang mendapatkan sertifikat akreditasi, agar bisa ikut berperan dalam pemeriksaan produk halal yang ada di Sumatera Selatan,” ungkap Yauza Efendi.

Sejak berdiri tahun 2017 silam, LPH UIN Raden Fatah telah banyak melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pendampingan kantin halal, desa wisata halal dan penelitian tentang makanan halal. Selain itu, LPH UIN Raden Fatah juga sudah banyak menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pendukung terkait LPH. (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Penjaskes Unsri Gelar Semnas Peran Sport Science pada Masa Pandemi Covid-19

Palembang, Detik Sumsel – Seminar Nasional Prodi. Penjaskes FKIP Unsri Tahun 2021 dengan tema “Peran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *