Prof Nyayu Khodijah : Bumikan Gerakan konsep Green Campus | Detik Sumsel
Pemprov
Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, dan berlangsung dari tanggal 21-22 Juli 2021.

Prof Nyayu Khodijah : Bumikan Gerakan konsep Green Campus

Palembang, Detik Sumsel- Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ikut serta dalam kegiatan National Sustainability Univeristy Leaders Meeting 2021 yang berlangsung secara virtual. Kegiatan ini mengusung tema “Kepemimpinan dalam Transformasi Kampus Berkelanjutan Pasca Pandemi”.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, dan berlangsung dari tanggal 21-22 Juli 2021.

Ada beberapa pembicara yang dihadirkan, diantaranya Koordinator UI GreenMetric untuk Indonesia, Prof. Dr. Ambariyanto, M.Sc, Wakil Ketua UI GreenMetric World University Rankings, Junaidi MA, Researcher Community and Sustainability Centre, Universiti Malaya, Mohd Fadhli bin Rahmat Fakri, Sekretaris Institut IPB University, Dr Ir Aceng Hidayat MT, dan Dr Eng Ir Ahmad Rusdiansyah M.Eng., Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Teknologi Sistem Informasi ITS.

Ketua Penyelenggara, Shubhi Mahmashony Harimurti, S.S., M.A mengatakan, kegiatan kali ini mengangkat tema Kepemimpinan dalam Transformasi Kampus Berkelanjutan Pasca Pandemi, karena diharapkan kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk menyiapkan pimpinan perguruan tinggi yang peduli terhadap isu lingkungan, pemimpin yang bisa memberikan rahmat bagi semesta alam.

Saat ini, UIN Raden Fatah Palembang masuk dalam peringkat 4 kampus hijau di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia, dan 50 besar secara nasional nasional kampus hijau dalam ranking UI GreenMetric, serta berada diperingkat 350 rangking di dunia sebagai kampus hijau.

Ketua Green Campus UIN Raden Fatah, Dr. Irham Falahudin, M.Si mengatakan keikutsertaan UIN Raden Fatah sebagai peserta adalah bentuk komitmen institusi untuk menjadi bagian kampus hijau berkelanjutan di Indonesia.

“Kita berharap semua civitas akademika UIN Raden Fatah ikut berperan aktif dan membangun sinergi secara bersama mewujudkan kampus hijau berkelanjutan di Indonesia,” ungkap Dr. Irham Falahudin, M.Si, yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan I Fakultas Sains dan Teknologi.

Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag menyebutkan guna mewujudkan Green Campus terwujud di UIN Raden Fatah telah dilakukan upaya mensinergikan semua civitas akademika untuk mendukung program kampus hijau berkelanjutan, membentuk pusat atau sebuah lembaga khusus yang menjadi penggerak Green Campus di setiap unit kerja.

“Selanjutnya, penataan dan pengembangan kampus sesuai dengan manajemen sustainable building system yaitu merujuk pada konsep mengupayakan keberlangsungan energi sumber daya alam yang diterapkan pada sebuah bangunan,” jelas Prof. Nyayu Khodijah.

Prof. Nyayu Khodijah juga menyebutkan yang tidak kalah penting mewujudkan kampus hijau adalah melalui edukasi untuk mengubah mindset atau pola pikir semua civitas akademika tentang pentingnya membangun nilai-nilai kampus hijau berkelanjutan.(ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pentingnya Keterampilan dalam Berliterasi di Era Digital

Palembang, Detik Sumsel – Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *