Profil 8 Stadion Untuk Piala Dunia 2022 Qatar, Kapasitas Hingga 80 Ribu Penonton

Iklan detik Sumsel

Internasional, Detiksumsel.com – Agenda terbesar sepakbola Piala Dunia 2022 akan segera bergulir pekan depan. 

Piala Dunia 2022 ini akan digelar di Qatar mulai dari Minggu (20/11/2022) hingga bulan Desember mendatang. 

Qatar selaku pihak yang ditunjuk sebagai tuan rumah telah mempersiapkan delapan stadion yang akan menjadi tempat berlangsungnya perhelatan dari negara-negara peserta Piala Dunia 2022. 

Seperti dilansir dari laman resmi FIFA World Cup, terdapat delapan stadion yang sudah disiapkan oleh Qatar untuk pertandingan Piala Dunia 2022.

Berikut profil delapan stadion yang telah ditetapkan oleh Qatar untuk tempat pertandingan Piala Dunia 2022. 

  • Lusail Stadium 

Lusail Iconic Stadium merupakan stadium yang disediakan oleh Qatar untuk Piala Dunia 2022 dengan kapasitas penampungan mencapai 80 ribu orang. 

Lusail Stadium menjadi stadion terbesar yang akan digunakan untuk ajang perhelatan tim sepakbola dari total 32 negara tersebut. 

Stadion yang telah rampung dibangun pada tahun 2017 itu baru diresmikan pada bulan November tahun 2021 lalu. 

Dengan jumlah kapasitas penampungan, Lusail juga menjadi stadion terbesar diantara 7 stadion lainnya yang akan digunakan dalam Piala Dunia 2022. 

Stadion yang didesain oleh perusahaan Inggris Foster Partners dan Populous itu terletak kurang lebih 23 km dari sebelah utara Doha. Stadion itu menggunakan tenaga surya dan dilengkapi dengan karbon nol tapak.

 

  • Al Bayt Stadium 

Stadion Al Bayt ini bertempat di kota Al Khor dengan kapasitas hingga 60 ribu orang. Stadion yang sengaja dibangun untuk ajang sepakbola terbesar di dunia tersebut baru diresmikan pada awal tahun 2020 pada saat hari olahraga nasional di Qatar. 

Pembangunan Stadion Al Bayt itu memakan waktu kurang lebih lima tahun yang dimulai pada tahun 2015, lalu. 

Meski sudah 2 tahun diresmikan, Stadion ini baru digunakan secara resmi pada 2021 pada ajang Arab Cup 2021. 

Stadion ini juga dilengkapi dengan pendingin di segala penjuru untuk memastikan suhu di dalam stadion tidak terlalu panas. 

Asal usul penamaan stadion Al Bayt ini kabarnya diambil dari sebutan orang-orang dahulu yang hidupnya nomaden dan menggunakan tenda sehingga disebut sebagai bayt al sha’ar. 

 

  • Khalifa International Stadium 

Stadion Internasional Khalifa ini terletak di Doha yang dibangun sejak tahun 1976 silam dan sudah mengalami renovasi sebanyak dua kali yaitu pada 2005 dan 2014-2017. 

Stadion yang mampu menampung 40 ribu penonton itu sudah pernah menjadi saksi kemenangan pertama Qatar pada ajang Piala Teluk yang ke 11. 

Stadion tersebut dilakukan renovasi hingga bisa menampung 40 ribu penonton dengan memiliki penutup sisi barat stadion. 

Pada 2006, Stadion ini juga sempat menjadi lokasi pembukaan acara Asian Games sehingga memiliki sisi timur yang melengkung besar untuk digunakan sebagai platform meluncurkan kembang api. 

Komentar