Protes Jembatan Dibongkar, Puluhan Petani Blokade Jalan | Detik Sumsel
Pemprov
Para petani saat menggelar aksi blokade jalan di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, Jumat (05/04).

Protes Jembatan Dibongkar, Puluhan Petani Blokade Jalan

Pangkalan Balai, Detik Sumsel – Imbas dari dibongkarnya jembatan di Blok A18, Kelurahan Seterio, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, puluhan petani melakukan aksi dengan cara memblokade jalan dengan menggunakan bambu, Jumat (05/04). Akibatnya, membuat mobil perusahaan PT SAL tak bisa melintas.

Para petani memprotes kepada pihak perusahaan, menuntut akibat dibongkarnya jembatan tersebut mengganggu aktivitas para petani yang hendak bekerja ke sawah.

Sumro, koordinator aksi menjelaskan, jembatan yang dibongkar tersebut merupakan akses utama para petani. Jika dibongkar, petani sangat kesulitan, mengingat saat ini tengah musim panen.

“Pihak perusahaan sudah kami surati, sayangnya tuntutan kami 1×24 jam tak dipenuhi. Makanya kita lakukan sweeping dan blokade jalan,” katanya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, puluhan petani merupakan warga Kelurahan Seterio, membuka ladang di pinggiran Sungai Bantung. Sungai Lande yang berbatasan dengan lokasi PT SAL Desa Tanjung Laut.

“Maka dari itu kami menuntut agar ada tindakan segera mengingat pentingnya akses tersebut,” tambahnya.

Terpisah, Lurah Seterio Rusdi saat dikonfirmasi membenarkan adanya aksi para petani yang memblokade jalan, dan jaraknya sekitar 500 meter dari kantor kelurahan. “Sebelumnya mereka memang sudah menembuskan surat ke Bupati Banyuasin, Kapolres Banyuasin, Camat Suak Tapeh hingga Lurah Seterio, dan sekarang kita sedang mencari jalan keluarnya,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Pangkalan Balai, AKP Indrowono SH yang saat itu berada di lokasi blokade jalan tersebut menegaskan, massa sudah berhasil diredam dan sudah dilakukan mediasi dengan perusahaan.

“Alhamdulillah saat ini massa sudah bisa diredam dan dilakukan mediasi, dan kesepakatan sedang dibahas di kantor Kelurahan Seterio,” pungkasnya. (Bra)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Ditangkap, Pelaku Begal Ayah dan Anak di Pagaralam Rupanya Pemuda Belasan Tahun

Pagaralam, Detik Sumsel- Tak butuh waktu lama, Team Sus Polres Pagaralam dibawah pimpinan Kasat Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *