Proyek Pembangunan SPAM Berjalan 30 Persen | Detik Sumsel
BNI"
Monitoring pembangunan SPAM, oleh Dinas PUPR Lahat, foto istimewa.

Proyek Pembangunan SPAM Berjalan 30 Persen

Lahat, Detik Sumsel – Proyek pembangunan penyehatan lingkungan Dinas PUPR Lahat, baik menggunakan dana APBD, maupun pusat mulai dilaksanakan. Dalam pembangunannya diprioritaskan padat karya, guna menambah pendapatan dan pengawasan masyarakat desa setempat.

Kepala Dinas Pekerjaam Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lahat, Mirza ST melalui Kabid Penyehatan Lingkungan, Leni Marlena ST mengungkapkan, pihaknya telah melaksanakan monitoring triwulan ketiga. Untuk pengerjaan, semua telah dilaksanakan baik program sistem penyediaan air minum (SPAM), Sistem pengeolaan air limbah domestik setempat /terpusat (SPAL-D S/T) maupun Pamsimas.

“Kalau progres rata- rata semua sudah sekitar 30 persen,” ungkap Leni Marlena didampingi Kasi Penyediaan Air Minum, M.Ali Husin, ST MIL, Selasa (21/9).

Dijelaskannya tahun ini pembanguunan SPAM dan SPAL-D S/T tersebar di puluhan desa yang ada di Kabupaten Lahat. Antara lain pembangunan SPAM berupa sumur bor dan jaringan perpipaan dengan sistem grafitasi. “Sehingga air bisa diditribusikan ke rumah- rumah,” ungkapnya.

SPAM tersebut dibangun di 15 desa dari dana DAK dan 6 desa dari APBD Lahat. Targetnya 800 sambungan rumah. Untuk Pamsimas juga ada program pembangunan SPALD S/T, berupa septi tank komunal dam Ipal Komunal, dengan target layanan 260 Kepala Keluarga (KK).

“Tersebar di beberapa kecamatan seperti Kota Lahat, Merapi Selatan, Mulak Ulu, Pagar Gunung, Kikim Timur, Jarai, Pajar Bulan, Pseksu dan Kota Agung,” bebernya.

Selain itu lanjut Ali Husin, pembangunan SPAM dan SPAL DT serta Pamsimas ini juga upaya menekan kemisikinan. Lantaran pembangunannya dengan sistem swakelola dan padat karya. “Artinya tenaga kerja yang digunakan ialah masyarakat setempat. Selain itu, program penyehatan lingkungan ini juga dalam upaya penanganan stunting,” ungkapnya lagi.(heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Polda Sumsel Terima Laporan Mahasiswa Dugaan Korban Pelecehan Oknum Dosen Unsri

Palembang, Detik Sumsel — Polda Sumsel akhirnya menerima laporan mahasiswa korban dugaan pelecehan oleh oknum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *