PUPR Palembang Minta Masyarakat Lapor Saluran Air yang Mati

Iklan detik Sumsel

Palembang, Detiksumsel.com — Maraknya sejumlah titik jalan dan kawasan tergenang air melanda akibat diterjang hujan deras dan guncang petir di Kota Palembang sejak kemarin malam, Rabu (5/10/2022).

Dinas PUPR Kota Palembang meminta kepada masyarakat untuk melaporkan titik lokasi drainase yang tertutup. Melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA) PUPR, Marlina Sylvia meminta peran aktif warga untuk ikut bertindak.

“Langsung lapor ke PU, kami selalu siap,” ujarnya saat dihubungi Detiksumsel.com.

Tak hanya itu, warga diminta untuk tidak segan apabila ada saluran air yang tertutupi bangunan nakal, Marlina menuturkan siap membongkar. “Perlu adanya kerjasama bersama masyarakat bersama mengurangi kebanjiran.  Dan sudah aturannya bangunan tidak boleh menghalangi saluran,”kata Marlina.

Tak hanya itu, diluar dari laporan masyarakat pihaknya juga telah melakukan pengerukan di sejumlah saluran dan saluran. “Bahkan dari bangunan berdiri diatas saluran sudah banyak kami lakukan pembongkaran,” terangnya.

Meskipun begitu, Marlina meminta kepada masyarakat untuk sadar masing-masing, dan bisa menjadi pengingat tetangganya untuk tidak membangun bangunan diatas drainase. “Intinya tidak boleh tamak, kita harus sadar pada dampak lingkungan jika saluran air tertutupi sampah dan bangunan dapat merugikan banyak orang seperti banjir,” pungkasnya.

Komentar