Puskeswan Beri Penyuluhan Cara Beternak Kepada Warga | Detik Sumsel
Detik
Pemprov

Puskeswan Beri Penyuluhan Cara Beternak Kepada Warga

Pati, Detik Sumsel – Petugas dari Puskeswan Kabupaten Pati Drh Nur Cahyo memberikan penyuluhan kesehatan hewan di Balaidesa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Kamis (1/7/2021).

Kegiatan penyuluhan tersebut merupakan bagian dari TMMD Reguler ke 111 sasaran non fisik, dihadiri Kepala Desa Tamansari Gus Amin, Danramil 16/Jaken Kapten Kav Budi Karyadi, S.E, Babinsa Desa Tamansari Sertu M. Jamroni beserta warga desa setempat.

Drh Nur Cahyo mengatakan, cara pemeliharaan hewan khusus sapi dimulai dari bibit sapi yang bagus, kandang yang bersih, pakan yang memenuhi kebutuhan sapi itu sendiri. “Garis besarnya adalah dimulai dari bibit sapi, kandang yang bersih dan pakan yang sehat.” Tutur Nur Cahyo.

Drh Nur Cahyo juga memberikan kesempatan kepada warga untuk bertanya tentang permasalahan yang dihadapi terkait dengan pemeliharaan sapi. Kesempatan tersebut ditangkap langsung oleh Warjiyo, salah satu warga Desa Tamansari. Ia menanyakan sapinya yang melahirkan sungsang atau terbalik posisinya.

Warjiyo (48) menceritakan bagaimana upayanya membantu sapi tersebut melahirkan, yaitu dengan cara dipaksa keluar. Tapi akhirnya anak sapi tersebut mati.

“saya kan juga bingung gimana caranya mengatasi hal tersebut karena tidak mungkin di Caesar to?” ungkapnya sambil tertawa.

Pertanyaan tersebut langsung dijawab, bahwa cara mengatasi seperti masalah itu harus panggil dokter hewan yang sudah pengalaman supaya ditangani.

Nur Cahyo menambahkan, untuk pemeliharaan sapi tidak cukup hanya memberikan makan asal kenyang, tetapi harus diberikan tambahan makan, seperti rumput supaya indukan sapi mudah untuk reproduksi dan pemberian sentrat untuk penggemukan sapi.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

HUT ke 1, Bupati Minta Alumni Resimen Mahasiswa Lanjutkan Kegiatan Sosial

Pati, Detik Sumsel — Bupati Pati Haryanto menyempatkan hadir pada HUT ke – 1 Ikatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *