Putusan PTUN Palembang, Kapolda Sumsel: Tidak ada Kaitan Pencopotan Kapolres OKU Timur | Detik Sumsel
Detik
Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto

Putusan PTUN Palembang, Kapolda Sumsel: Tidak ada Kaitan Pencopotan Kapolres OKU Timur

Palembang, Detik Sumsel — Beredarnya putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Palembang (PTUN) yang mengabulkan gugatan Bripka Arif Rahman SH atas gugatan Kapolda Sumsel terkait keputusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat melalui Nomor : KEP/361/IV/2021 Tanggal 31 April 2021 lalu.

Isi putusan PTUN Palembang menyatakan mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya, Menyatakan batal keputusan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Nomor : KEP/361/IV/2021 Tanggal 31 April 2021 Tentang Pemberhentian Tidak Dengan Hormat dari Dinas Polri atas nama Arif Rahman SH pangkat Bripka NRP 84100092.

Mewajibkan tergugat untuk mencabut keputusan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Nomor : KEP/361/IV/2021 Tanggal 31 April 2021 Tentang Pemberhentian Tidak Dengan Hormat dari Dinas Polri atas nama Arif Rahman SH pangkat Bripka NRP 84100092.

Mewajibkan kepada tergugat untuk merehabilitasi kedudukan penggugat seperti semula. Dan menghukum tergugat untuk membayar biaya perkara sebesar Rp 264.000 (dua ratus enam puluh empat ribu rupiah).

Menanggapi putusan tersebut Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan dirinya belum menerima laporan terkait adanya putusan PTUN Palembang terkait Pemberhentian Tidak Dengan Hormat Bripka Arif Rahman SH.

Disinggung apakah pencopotan Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon SIK ada kaitannya dengan putusan PTUN Palembang mantan Kapolda Sumbar ini memastikan tidak ada kaitannya sama sekali.

“Pemeriksaan Kapolres OKU Timur itu disana (Propam Mabes Polri). Itu nggak ada kaitan dengan Kapolres OKU Timur, karena pemecatan itu sudah lama. Saya pastikan dalam pemeriksaannya disana fakta hukum apa yang ditemukan,”katanya kepada wartawan Senin (20/12/2021).

Dikatakan Toni, AKBP Dalizon sudah sejak Jumat lalu diperiksa oleh Propam untuk memudahkan pemeriksaan AKBP Dalizon di nonaktifkan sementara sebagai Kapolres OKU Timur dan Kabag Wassidik Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK ditunjuk sebagai Plt Kapolres OKU Timur.

“Terkait gugatan Bripka Arif Rahman yang menggugat ke PTUN Palembang karena tidak terima telah di PTDH Toni mengatakan itu hak yang bersangkutan silahkan melakukan gugatan sesuai dengan mekanisme hukum. Kita biasa kok digugat, kerena ketegasan kita memecat anggota polri yang melakukan pelanggaran,”tandasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Minggu Kedua Januari, Polda Sumsel Tangkap 56 Tersangka Pemain Narkoba

Palembang, Detik Sumsel — Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel bersama Polrestabes dan Polres jajaran dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *